Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Goreng Tepung Krispi..Versi Baru



Ayam goreng krispi….sering banget bikin lauk ini..karena Yodha lagi suka banget. Memang sich..banyak yang jual ya..ayam tepung gini..di pinggir2 jalan juga banyak..kfc..juga..deket sama rumah..belum lagi aneka merk2 ayam goreng tepung lokal bermunculan dech niru2 kfc..di daerah Semarang atas nich..banyak banget sekarang bermunculan versi resto2 fast food kecil ala ayam kfc..hihi...kayak rocket chicken..atau apa lah..banyak dech. Tapi..aku kok lebih suka bikin sendiri di rumah..tetep..lebih bisa di sesuaikan selera dan juga..lebih sehat dan hemat tentu saja..karena paling tidak minyak yang di pakai selalu baru..nggak kayak kalau beli..^^

Aku suka bereksperimen dengan aneka tehnik dan bahan dalam membuat ayam goreng tepung krispi begini.
Jadi..setiap buat ..ada ilmu baru gitu. walau udah nemu resep yang bisa keriting dan renyah..tapi kalau mencoba resep yang sama terus..bosan juga..dan kurang seru..jadi..lebih suka kalau pakai tehnik baru bikinnya..ntah itu perbandingan tepungnya..ntah itu tehnik pelapisannya..pokoknya..selalu mencoba hal baru dech dalam membuat ayam goreng tepung renyah ini. Walau kadang kalau lagi males ngukur2 bahan..ya suka asal cemplang cemplung..yang penting jadi tanpa ukuran..hihi.

Kalau beberapa waktu lalu aku pakai tehnik ayam di celup adonan cair, baru di gulingkan ke tepung kering..seperti resep yang sudah aku share dulu di sini…sekarang aku pakai tehnik yang di celup ke telur dulu, baru di lapisi tepung. Hasilnya..sama2 enak..dan bisa keriting..renyah banget juga. Yodha suka banget..papinya juga..sipp dech.

Untuk menggoreng ayam goreng krispi..tipsnya..minyak..nggak boleh pelit ya..musti banyak, sehingga ayamnya terendam dan bisa matang sempurna sampai bagian dalam2nya. Api juga harus stabil..nggak boleh terlalu panas atau terlalu kecil. Kalau terlalu panas..tepungnya matang cepat..tapi bagian dalam ayamnya belum matang. Kalau terlalu kecil..ayam gorengnya bisa berminyak hasilnya. Jadi..yang sedang2 saja..tapi pas ayam masuk..udah benar2 panas minyaknya. Ayam goreng krispi ini..lebih baik gunakan bagian yang mudah matang dan ukuran kecil..misal bagian sayap atau paha, jika pakai dada..lebih baik di buat fillet tipis2..sehingga rasanya lebih gurih dan lebih cepat matang juga. Selamat mencoba..ya teman2..^^
Ayam Goreng Tepung Krispi

Bahan :
1/2 kg sayap ayam
Air jeruk nipis 1 sendok makan
( Cuci Bersih ayam, lumuri degan air jeruk nipis supaya tidak amis, cuci kembali hingga bersih )
2 siung bawang putih, haluskan
Merica 1/2 sendok teh
Jahe 2 cm, memarkan
Garam secukupnya
( Rendam ayam di bumbu2 di atas yang di beri sedikit air , minimal 1 jam, supaya bumbu2 meresap )
1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup
50 gram tepung terigu protein sedang untuk tepung pelapis kering ( bahan A )
Minyak untuk menggoreng

Bahan tepung bumbu pelapis , aduk rata dan ayak : ( bahan B )
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Tepung maizena 3 sendok makan
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
Baking powder 1 sendok teh

Cara Membuat :
Tiriskan ayam, gulingkan ke tepung terigu bahan A. Lakukan satu persatu ya teman2..jangan semua langsung di campur aduk dengan terigu..hihi..biar cakep ayam gorengnya..pastikan semua permukaan ayam terlapisi tepung tipis2, lalu celupkan ke kocokan telur. Lalu lumuri dengan tepung bumbu ( bahan B )..sambil di tekan2 dan di cubit2 agar keriting. Ketok ketokan ayam sebelum di goreng untuk membuang kelebihan tepung. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan kering. Sajikan segera dengan saus sesuai selera.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts