Laporkan Penyalahgunaan

Arem Arem Isi Ayam


Kalau Jepang punya masakan khas nasi gulung..sushi..wong Jowo juga punya lho..nasi gulung isi..yaitu arem arem...hihi. Sushi..versus arem arem ?..Kalau di suruh milih..aku ..pilih arem arem saja dech..lebih enak..!..hihi. Dasar...lidah lokal..ya teman2. Tapi beneran lho..arem arem ini enak sekali. Nasi gulung yang di isi dengan aneka macam sambel goreng, bisa sambel goreng daging cincang, ayam, sambel goreng kentang dan ati, atau yang versi ekonomis..isi sambel goreng tempe atau tahu pun juga tak kalah yummy.

Arem arem ini sangat praktis penyajiannya..nggak perlu piring ..sendok dll..langsung saja..happ..masuk mulut..hihi..dan udah bisa jadi menu makan atau pengganjal perut ..misal jika kita dalam perjalanan atau buat bekal piknik..praktis. Sepintas nampak seperti lemper ya teman2..jika belum pernah coba arem arem..tapi ini sangatlah berbeda. Kalau lemper terbuat dari beras ketan..arem arem ini terbuat dari beras biasa yang di masak dengan santan terlebih dahulu..jadi rasanya tambah gurih dan enak. Bentuknya juga lebih besar dari lemper..karena kalau lemper kan buat cemilan aja..kalau arem arem nich lebih mengenyangkan. Suamiku paling suka arem arem nich..sekali makan bisa habis 3..hihi. Nah..tumben amat Yodhaku kemaren juga kok request arem arem..setelah sering dapat snack arem arem dari sekolahnya..alhamdulillah..dia suka juga. Jadi nggak masak dech kemaren macam macam..cukup bikin arem arem ini..udah beres !

Untuk membuat arem arem ini gunakan beras yang pulen ya teman2..supaya hasilnya lebih enak. Daun yang di pakai membungkus juga lebih baik daun pisang kluthuk..sehingga hasil bungkusannya bisa rapi dan warnanya bagus setelah di kukus. Jika untuk usaha..lebih baik di buat dalam ukuran lebih kecil2..jadi lebih manis..dan juga lebih untung tentu saja..hihi. Kalau aku buat di makan sendiri..ya gede2 aja..sekalian..makan 1 kenyang..hihi. Kemaren aku buat 250 gram beras..jadinya lumayan..bisa jadi 8 buah..lebih dari cukup lah buat kami bertiga. Kali ini aku bikin versi isi ayam..sesuai request Yodha. Selamat mencoba..^^
Arem Arem

Bahan :
250 gram beras pulen
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan isi :
150 gram daging ayam cincang
1- 2 buah wortel, potong kotak kecil
Santan 400 ml 
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabe merah
1 1/2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam secukupnya
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Serai 1 batang, memarkan
2 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
Masak beras dan santan, garam dan daun salam sampai santan terserap, aduk aduk hingga matang. Tutup panci, biarkan hingga nasi pulen. 
Sambil menungggu nasi pulen, kita siapkan bahan isinya :
Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe, tumis hingga harum dan matang. Masukkan daging ayam cincang, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, satan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan santan habis. Jangan lupa di koreksi rasanya..udah pas belum. Isian arem2 yang enak..harus terasa gurih dan sedikit manis.
Penyelesaian :
Ambil 2 lembar daun pisang, ratakan nasi secukupnya, isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung. Bungkus seperti lemper. Semat kiri kanannya dengan lidi agar tidak terbuka sewaktu di kukus.
Kukus selama 1 jam
Arem arem..siap di sajikan..atau di bawa buat bekal piknik..yummy..!

Note : Jika suka lebih peda..cabe di tambah sesuai selera..karena kemaren Yodha ikut makan..aku cuma pakai 2 cabai saja.







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts