Laporkan Penyalahgunaan

Wingko Babat



Memenuhi janjiku pada Mba Evelyne di Amrik..dan Mba Leonora..di Perancis..yang lagi kangen sama wingko babat..ini aku buat lagi ya..dengan bahan2 yang di takar..hihi..nggak kayak kemaren buat terakhir...yang asal campur2 bahan....^^

Wingko babat nich di Semarang terkenal sebagai salah satu icon oleh2 khas Semarang...walaupun aslinya sebenernya wingko nich katanya dari daerah Babat..Jawa Timur ya. Walau begitu..di Semarang..wingko nich..mudah sekali di temui..tuch di sekitar jalan Pandanaran Semarang..banyak banget di jual wingko babat di sepanjang jalan. Di dekat rumahku juga..di Banyumanik..ada produsen wingko babat yang terkenal juga dan di setor ke sentra oleh2 di Semarang.

Kalau di Semarang ..yang terkenal adalah merk kereta api ..enak dan lembut memang..wingkonya....tapi aku juga suka wingko yang kaki lima..lebih terasa gigitannya dan lebih padat..suka semua dech..hihi. Kalau di kaki lima harga wingkonya lebih murah...kalau wingko ber merk kereta api itu bisa 4 ribu satu biji kecil..hihi..kalau yang kaki lima..cuma sekitar 7 ribu an dech ( kalau belum naik lho..hihi..)..udah dapet satu tas kemasan bagus dari plastik gitu...isinya lumayan banyak..jadi cocok buat oleh2 khas Semarang ^^

Nah...buat yang suka wingko..Yukk simak resep wingko yang versi klasiknya ya..untuk resep dasarnya..karena sekarang banyak juga yang di modifikasi wingko nich..ada yang di tambah santan, telur, margarin dll. Kalau untuk variasi rasa..emang bisa di tambah macam2, bisa nangka..coklat, dll...tapi kalau resep dasarnya..aku suka yang klasik. Kalau di wingko babat kereta api di Semarang itu ada 4 macam rasa yang tersedia, wingko rasa original..rasa coklat, nangka dan pisang. Aku buat satu adonan jadi 3 rasa kemaren..cuma minus pisangnya aja..karena nggak punya stock pisang. Yang paling aku suka..adlaah rasa nangka..harum..nangka..dan legit..^^
Wingko Babat

Bahan 
Tepung ketan 150 gram.
Kelapa parut setengah tua , parut panjang 250 gram
Air kelapa  150 ml
Gula Pasir 100 gram ( atau sesuai selera manisnya ya )
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat 
Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Beri tambahan bahan perasa jika suka, misal nangka, pisang, yang di potong kecil2.. coklat..dll.
Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.
Tips: Waktu memanggang..gunakan api kecil saja ya..supaya matang sempurna wingkonya..dan setelah adonan di tuang..biarkan saja matang sendiri..nggak perlu di penyet2 di teflonnya..supaya kulit luarnya nggak keras. Setelah bagian sisi bawah matang baru di balik. dan di panggang hingga kedua sisinya matang semua.
Jika suka wingko yang tektruenya padat,..jumlah air kelapa bisa di kuangi sesuai selera. Kalau sesuai resep hasil wingkonya lembut dalamnya.








Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts