Laporkan Penyalahgunaan

Usus Ayam Dan Ati Ampela Bumbu Pedas Manis


Judul masakannya..suka2 ya teman2..hihi..sesuai rasanya soalnya..gurih pedas dan manis. Kemaren beli usus ayam kok ya nanggung cuma 250 gram..ya udah di campur ati ampela aja..di masak bareng..beres..kan sama2 jerohan ayam ya. Biar nggak bosan..aku bumbuin pedas, terus di ungkep sampai empuk. Pas udah habis airnya tambahin kecap manis sedikit..aduk2 sampai kering..jadi dech olahan usus ayam dan ati ampela yang enak..di makan pakai nasi hangat aja udah enak..atau paling cocok lagi di makan sama sayur gurih..cocok dech.

Tips mengolah usus ayam supaya tidak bau..di bersihkan dengan air jeruk nipis ya teman2..abis itu di blansir dulu dengan air panas..biar steril. Di blansir itu..di rebus sebentar di air mendidih. Biar lemak2nya juga larut. Setelah itu..siap dech di masak dengan di bumbuin apa aja. Bisa di ungkep bumbu gurih manis..kayak Sate usus ala angkringan..atau di bumbu pedas gini..dan setelah matang bisa juga biar semakin menarik di tusuki dengan tusukan sate..jadi dech..sate usus pedas manis. Cuma kamaren karena masaknya cuma dikit aku jadi males nusuk2 di tusukan sate..udah.langsung taruh piring aja..beres..hihi.

Atau jika mau , ususnya bisa di lilitkan di ati ampelanya..jadi dech ati ampele balut usus kayak di warteg2 gitu. Oh iya..sate usus pedas ini juga enak banget di buat makan bubur ayam teman2..selamat mencoba ya..lauk mudah..murah meriah..dan yang pasti..enak..! ^^
Usus Ayam Dan Ati Ampela Pedas Manis

Bahan :
250 gram usus ayam, bersihkan dengan di beri perasan air jeruk nipis, bilas sampai bersih, lalu di blansir sebentar.
4 pasang ati ampela
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
Air kelapa 500 ml
Air biasa 500 ml
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
 
Bumbu halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri
10 buah cabe merah keriting ( sesuai selera pedasnya )
 
Cara membuat :
Campur bumbu halus dan semua bahan kecuali kecap. Masak dengan api kecil hingga empuk dan air habis, jangan lupa koreksi rasa dulu ya sebelum air habis. Tambahkan kecap manis secukupnya. Aduk rata hingga kering. Jika  mau jadi sate usus dan ati, potong2 dan tusukkan selang seling usus dan atinya.

  • Kemaren aku masak sayur ini..sayur gurih sawi..pas banget di makan sama usus pedasnya..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts