Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Siomay Ikan Lebih Empuk


Siomay..udah sering banget bikin sendiri aku di rumah..dengan berbagai resep dan tehnik. Aku senang mencoba berbagai resep baru..walaupun udah nemu resep yang enak..biar ada hal baru gitu yang bisa di pelajari dalam proses pembuatannya. Nggak cuma siomay sich..masakan lain..cake..aneka kue2..jajan pasar dll..seneng aja..walaupun makanannya sama..tapi mencoba dengan berbagai tehnik dan resep baru...sehingga hasilnya beda. Ya..selalu ada hal baru yang menarik buatku untuk di pelajari di dapur..^^

Seperti buat siomay ini..aku udah sering baca..agar siomay empuk tapi tetep kenyal..nggak liat..adonannya di tambah dengan labu siam kukus. Nah..itulah yang ku praktekkan kemaren. Hasilnya emang oke..siomay tetep ada rasa kenyal..tapi nggak liat dan empuk. Enak..! Dan rasanya tidak berpengaruh lho penambahan labu siam ini..karena mungkin labu siam ini kan tawar ya rasanya..jadi cuma mempengaruhi tekture siomaynya saja. Oke dech..jadi layak di catat di sini..resep siomay dengan tambahan labu siam ini..supaya nggak lupa..kalau mau buat lagi kapan2.

Pernah baca juga..kalau siomay Bandung ala abang2 yang enak itu..nggak cuma daging ikan tenggiri aja..tapi di tambah lemak..misal kulit ayam. tapi menurutku kulit ayam nich susah kalau di giling atau di haluskan..jadi bisa di ganti dengan  daging ayamnya saja..yang mudah di haluskan.
Resep Siomay Komplet

Bahan :
250 gram daging fillet ikan tenggiri yang sudah di haluskan
50 gram daging ayam giling, 100 gram tepung tapioka
150 gram labu siam, kukus dan haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 - 2 sendok teh garam ( sesuaikan selera )
2 sendok teh gula pasir
2 putih telur
Tahu putih, kulit pangsit rebus, kol, pare, kentang, telur rebus secukupnya utuk pelengkap

Cara Membuat :
Campur daging tenggiri dan daging ayam, labu siam dan semua bumbu , dan putih telur. Aduk dan uleni rata atau masukkan ke food proccesor jika ada. Masukkan tepung tapioka, aduk rata tapi jangan di uleni.
Masukkan adonan siomay ke dalam kulit pangsit, tahu, pare, dan kol. Lalu kukus hingga matang sekitar 20 menit. Kukus juga sekalian telur dan kentangnya.
Sajikan siomay komplet hangat dengan saus kacang. Resep saus kacang siomay bisa di klik di sini.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts