Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Kremesan Yang Renyah dan Enak..



Yodhaku..lagi tergila2 kremesan..hihi..hampir tiap hari minta di buatin ayam kremes..sosis kremes..bandeng kremes..atau apapun..pokoknya harus pakai kremesan yang kriuk katanya..^^. Dulu sich pas aku sering bikin..dia belum terlalu suka..tapi minggu lalu pas ultah temennya..dapat nasi kotak isinya ayam kremes. Nah..Yodha nich kalau dapat makanan dari temennya itu semangat makan dia..katanya..harus di makan Mi..soalnya kan dari pesta ultahnya teman..kalau nggak di makan..nanti temannya sedih..hihi..so sweet hati kamu memang Kak..!

Nah..pas udah makan nasi ayam kremesnya dia bilang..ini apa sich Mi..yang kriuk2..enak..katanya. Lha..itu kan ayam kremes Sayang..aku bilang..Mami udah sering bikin dulu..tapi kamu belum suka..eh..habis itu Yodha bilang..mau di buatin ayam kremes besok..! Nah...abis itu..selama hampir dua minggu ini aku selalu rutin bikin kremesan..hihi. Emang Yodha gitu sich..kalau lagi suka sesuatu..maunya makan itu terus..pas kemaren lagi suka makan ayam bacem..maunya lauknya ayam bacem aja terus..pa slagi suka bebek..maunya makan bebek terus...habis itu bosan..udah..hihi..ganti pecel..mintanya pecel terus..ganti kulit ayam..ganti ayam goreng crispy..dll..wah..aku mblenger dech masaknya. Tapi memang enak sich ya kremesan..di makan pakai nasi anget aja udah kriuk2 gurih..apalagi makan kremesan ayam..walau tanpa ayamnya..udah terasa makan ayam..karena pakai air kaldu berbumbu rebusan ayam bikin kremesannya..^^

Nah..karena 2 minggu bikin kremesan terus..aku sampe bikinnya nggak ku takar..asal aja di kira2..nah..jadinya tiap hari beda2 bikin kremesannya..seadanya bahan...kadang pakai tepung beras aja..kadang pakai tepung sagu / tapioka aja..kadang ku campur keduanya. Bukan apa2 sich..sekalian..uji coba..kremesan mana  yang paling enak..dari berbagai tehnik, bahan dan caranya..jadi biar nggak bosan gitu buatnya..sekalian aku jadiin eksperimen dapur..dan nemuin cara bikin kremes yang aling efektif dan hasilnya enak.Nah..setelah berkali2 bikin kremes..akhirnya kau paling cocok..dengan kremesan yang bahannya..lebih banyak tepung sagu / tapiokanya..di banding dengan tepung berasnya..karena hasilnya bisa lebih renyah..empuk..krememes..alias renyah..meprul gitu rasanya.

Nah..jadilah pengen aku tulis tips & trik bikin kremesan..biasa..biar nggak lupa..ntar kalau bikin lagi..biar bisa sama hasilnya. Semoga juga bermanfaat ya buat teman2 yang baru belajar masak..dan suka ayam kremes juga..ini dia tips2 bikin kremesan yang enak dan juga biar berhasil ya..soalnya bikin kremesan itu memang gampang2 susah..harus telaten dan sabar..supaya hasilnya oke.

Tapi jika mau praktis..aku jual yang udah jadi nich..udah di mix sama bumbu2..jadi teman2 di rumah tinggal tambah air saja dan 1 butir kuning telur untuk 1 pack tepung kremes @ 150 gram yang aku jual ini. Jika minat..isi aja *contact form di bagian kanan atas web ini ya..atau email langsung di bundadidi@gmail.com.  Yang serius order bisa juga langsung sms ke hape ku ya di 089654712500, dgn menyebut nama dan alamat sekalian biar aku bisa langsung cek ongkir jawabnya.
Tapi *sms only please..no call..soalnya aku nggak selalu pegang hape..karena keterbatasan waktu,..takut ngecewain jika telp nanti nggak langsung aku angkat..harap maklum ya..single fighter nich kerja nya teman-teman..hihi. Di tunggu ya ordernya..^^



Tips Membuat Kremesan
  • Gunakan wajan anti lengket untuk menggoreng kremesan..agar tidak menempel di dasar wajan.
  • Adonan kremesan emang agak cair.jadi ketika di tuang..ke minyak panas..langsung membentuk serabut2 kecil..biarkan dulu sampai setengah kering..jangan di aduk2 dulu..jik adi aduk2..akan menempel satu dengan lain..dan nggak jadi kremesan.
  • Ketika menuang adonan kremesan..jangan terlalu banyak..sesuaikan dengan besar kecil wajanya..kalau pakai teflon kecil biasa standart..cukup 1 sendok aja adonan yang di tuang. Jika terlalu banyak yang di tuang..jadinya malah mengumpal nanti..nggak membentuk sarang kremesannya. 
  • Minyak harus sudah dalam keadaan panas..sehingga ketika di tuang itu..bunyi berisik..dan langsung terbentuk serabut2 yang menyarang cantik, Jika minyaknya kurang panas..serabut2 itu tidak akan langsung  terbentuk. Yang ada adonan nya lembek dan jadi lama keringnya. Nah..jika sudah terbentuk serabut2 kremesannya..api bisa di kecilin sedikit, lalu goreng hingga kering kremesannya. Jika mau kremesannya menyelimuti bahan yang di kremes..pas udah setengah kering kremesannya..masukin misalnya ayam..tempe..dll yang mau di kremes..lalu lipat kremesan dari semua sisinya hingga menyelimuti bahan. lalu goreng hingga kering. Jika tidak ada bahan yang di selimuti..biarkan saja kremesan sampai kering dan di aduk2 sebentar..nanti kremesan akan terpisah2 sendiri ketika sudah kering .
  • Menuang adonan kremesan..agak jauh ya dari wajan..biar kremesannya hasilnya lebih bagus..tapi jangan lupa..jauhkan badan dari arah wajan..supaya tidak kaget..hihi..ketika bunyi berisik pas saat kremesannya di tuang.
  • Tambahkan kuning telur..untuk kremesan yang lebih empuk dan gurih.
  • Pakailah air rebusan  ayam..yang sudah berbumbu untuk membuat kremesan agar hasil kremesan sudah enak dan gurih..rasa dan bau ayam. Jadi..walaupun cuma makan kremesannya..berasa makan ayam dech..hihi. Tapi..jangan  terlalu banyak memakai gula ya..untuk bumbu ayam ungkepnya..supaya kremesannya tidak cepat gosong. Namun..jika mau buat kremesan dadakan..tempe..tahu..dll..ya pakai air biasa aja yang di beri bumbu ..terus di kasih sedikit kaldu ayam bubuk.
  • Simpan kremesan di wadah tertutup jika sudah dingin..supaya awet kriuknya. Jika mau di gunakan untuk nasi kotak..kemas kremesannya dengan plastik kecil tersendiri.
  • Untuk pisang goreng kremes..prinsipnya sama..cuma adonannya tidak gurih..tapi sedikit manis..tapi jangan kebanayakan gula juga..supaya nggak cepat gosong pisang kremesnya.
  • Bahan kremesan tidak hanya ayam..bisa tempe..tahu..udang..sosis..bandeng presto..dll..semuanya bisa di olah jadi lauk kremesan..^^
  • Karena kremesan ini di buat untuk lauk..bukan cemilan..jadi bumbunya harus lebih gurih dari jika di makan langsung..supaya jika di makan sebagai lauk nasi putih..bisa tetep gurihnya terasa.
Selamat mencoba..semoga bermanfaat ya teman2..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts