Laporkan Penyalahgunaan

Tepung Panir


Banyak yang menanyakan tepung panir yang aku pakai dalam pembuatan aneka nugget..atau olahan lain yang bentuknya frozen food..karena aku biasa pakai tepung panir khas..dan khusus yang warna orange. Nah..akhirnya banyak teman2 yang email dan tanya..di mana belinya..merk..apa dll. Aku jadi pengen nulis tentang aneka tepung panir dech.

Tepung panir..adalah tepung yang terbuat dari remah roti yang di pakai untuk melapisi bahan makanan yang biasanya di goreng, sehingga hasilnya menjadi lebih renyah dan membuat penampilan bahan makanan menajdi lebih cantik dan menarik..karena terdapat tekture kasar di permukaannya. tepung panir ini juga berfungsi agar bahan makanan yang kita goreng tidak terlalu meyerap  minyak dan lebih cepat proses menggorengnya. Misal...ketika kita menggoreng kroket, roti tawar isi..dengan di lapis tepung panir..akan lebih cepat menggorengnya..dan tidak banyak menyerap minyak. 

Tepung panir ada dua macam..ada tepung panir halus..dan juga tepung panir kasar. Tepung panir halus , terbuat dari roti tawar yang di keringkan, lalu di haluskan. Tepung panir halus ini..biasa kita pakai untuk melapisi risoles, kroket kentang dll. Sebenernya cukup mudah membuat tepung panir halus ini sendiri di rumah, caranya..ambil beberapa buah roti tawar, lalu panggang di oven sampai kering, selanjutnya tinggal di blender halus ..pakai blender kering. tepung panir halus..siap di gunakan. 

Selain tepung panir halus..ada juga tepung panir kasar, sama2 terbuat dari roti tawar sich..tapi yang tepung panir kasar ini terbuat dari roti tawar yang tanpa kulit..dan biasanya di buat serpihan2 agak kasar. Nah..cara membuat serpihan2 ini yang aku belum ngerti gimana caranya..mungkin ada alat khusus kali yach..soalnya..kalau manual di remukin gitu kan nggak mungkin ya..bisa hasil serpihannya sama besar gitu..hihi. Nah..tepung panir kasar ini ada dua macam..kebanyakan yang di pasaran yang bermerk itu berwarna putih..udah tau kan teman2..yang banyak di jual..di supermarket itu merknya. Nah..kalau tepung panir kasar yang khusus untuk nugget dan aneka olahan frozen food lain..biasanya berwarna orange. Aku sering beli di TBK dekat rumah sich..udah di pack kemasan 250 gram,..tapi memang nggak ada merknya..jadi bingung juga..ketika di tanya teman2 merknya apa..hihi. Memang jika..di supermarket masing jarang ya..di jual tepung panir yang berwarna orange ini. Aku taunya di Semarang ya belinya di TBK..deket rumahku..hihi..jadi maaf ya teman2..jika ada yang cari tepung panir warna orange ini, aku belum bisa kasih info di mana belinya..jika di luar Semarang.

Memang hasil nugget dll lebih cantik sich..jika memakai tepung panir warna orange ini..di banding yang putih..kalau soal rasa dan tekture sich..sama aja..cuma beda warna aja. jadi..jika tidak ada tepung panir warna orange..jangan menyerah ya..untuk bikin nugget homemade..kaki naga..dll..tetep..bisa pakai tepung panir biasa yang berwarna putih itu kok...yang banayk di jual di supermarket

Teung panir orange..yang khusus buat nugget..kayak gini nich teman2..:)




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts