Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Petis Semarangan


Tahu petis..adalah salah satu gorengan yang hampir selalu ada di gerobak pinggir jalan di penjual aneka gorengan tiap sore di Semarang. Dulu awal2 tinggal di Semarang pas pertama nyicip..kurang suka aja rasanya. Agak aneh..pahit2 gimana gitu petisnya. Tapi karena suami paling suka tahu petis..akhirnya aku sering mencoba untuk membuat sendiri di rumah. Nah..ternyata..jika petisnya di bumbuin dengan pas..maka tahu petisnya akan terasa enak..akhirnya sekarang aku jadi suka dech tahu petis.

Kunci utama tahu petis ini adalah petis yang di gunakan..jangan petis buatan pabrik. dulu karena takut pakai petis yang di jual di pasar2..karena warnanya hitam gitu..aku suka pakai petis bermerk yang di jual di supermarket..tapi rasanya kadang malah aneh. Jadi sekarang lebih suka petis yang di jual di pasar itu..lebih enak dan alami rasanya. Kalau di Semarang..saus olesan untuk tahu petis ini di buat dadak, nggak di masak terlebih dahulu, seperti kalau buat sambal petis. Jadi cukup di bumbuin garam, bawang putih halus dan sedikit gula merah. Jika suka pedas..boleh di tambah cincangan cabe rawit. Tapi kalau aku..lebih suka cabe rawitnya di buat nyeplus aja pas makan tahu petisnya..lebih enak.

Tahu yang enak buat tahu petis adalah jenis tahu yang padat..misal..tahu China..tahu Surabaya..dl..pokoknya jangan tahu pasar yang lembek dan berair gitu ya. Tahu di potong kotak agak tipis, jika sudah asin langsung di goreng boleh, sampai setengah kering, tapi nggak sekering tahu pong ya. Tapi jika tahunya masih tawar, boleh di rendam air garam dan bawang putih terlebih dahulu, supaya tahunya juga ada rasanya. Tahu yang sudah di goreng , lalu di belah dua , tapi nggak putus, terus di olesin sama saus petisnya. Udah..gitu aja..tahu petis hangat..yang nyam..nyam...siap di nikmati..^^

Tahu Petis Semarangan

Bahan :
300 gram tahu padat
1 siung bawang putih
Garam secukupnya 
Air 100 ml
Potong kotak tahu, rendam di air garam dan bawang, lalu goreng hingga setengah kering.

Saus petis :
1 siung bawang putih
5 sendok makan petis yang berwarna kehitaman, kukus sebentar biar lebih aman dan sehat..karena memakai petis pasar..^^
Gula merah 1 1/2 sendok teh ( sesuai selera )
Garam secukupnya
Ulek bawang putih dan garam, tambahkan petis dan gula, aduk rata. Koreksi rasa, udah pas atau belum.

Penyelesaian : Ambil satu buah tahu goreng, belah tapi jangan sampai putus, olesi dengan saus petis secukupnya. Lakukan hingga tahu habis, sajikan dengan cabe rawit.








Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts