Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Campur Surabaya


Sudah lama pengen bikin tahu campur Surabaya..sejak nyimpan potongan tabloid yang berisi ulasan dan resep tahu campur Surabaya yang otentik dari warung tahu campur terkenal..katanya sich..Pak Jamal gitu..di tabloid info kuliner. Aku memang suka koleksi tabloid info  kuliner..karena sering ada resep2 rahasia...dari warung2 makan khas yang sudah terkenal..jadi walaupun belum pernah nyoba aslinya di Surabaya sana..paling tidak tau rasa aslinya tahu campur..dari resep penjualnya langsung.

Tahu campur surabaya..ini memang isinya bener2..campur2 dech..hihi..ada mie..ada tahu..ada perkedel singkong...taoge..selada dan di siram kuah panas seperti soto..tetapi di tambahin sambal petis ..yang membuat tahu campur ini rasanya jadi beda dan istimewa. Beneran lho..sebelum di kasih sambal petisnya..aku pikir kemaren..lho..rasanya kok cuma kayak soto gitu kuahnya..tapi setelah di kasih sambal petis di kuahnya...bener2..jadi berubah total rasanya..jadi lebih sedep..unik dan khas banget rasanya..enakkk..! Kayaknya..aku akan semakin suka dech sama petis..hihi..dulu padahal nggak terlalu suka lho..:)..dan bakalan nyoba aneka olahan menu Jawa Timur lain yang banyak pakai petis dech. Padahal aku kemaren cuma pakai petis pasar aja..tapi rasanya udah enak.

Tahu campur ini paling enak menggunakan daging yang berlemak..misal daging tetelan..urat..koyor dll. Kalau pakai daging yang bagus..bakalan sepo rasanya kayaknya. Di Jawa Timur aslinya juga gitu katanya..pakai daging berlemak..yang di rebus dulu sampai empuk. Ada juga sich..yang pakai kikil..cuma aku lebih suka daging tetelan dan urat aja..lebih gurih. Tahu yang di pakai buat tahu campur..katanya paling enak juga tahu China. Mienya juga mie basah yang fresh..yang bisa di beli di pasar tradisional. Untung kemaren dapet semua di pasar..jadi bisa lumayan otentik nich..rasanya. Dan yang tidak boleh ketinggalan dari tahu campur Surabaya adalah perkedel singkongnya..ini yang bikin unik. Rasa perkedel singkong yang enak dan gurih..juga pas di buat cemilan..jadi aku sekalian bikin banyak kemaren perkedel..eh..suami kok doyan juga..padahal biasanya ..nggak suka cemilan dari singkong..^_^

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka tahu campur Surabaya..^_^..ini dia resepnya..dengan sedikit aku modifikasi sesuai seleraku :

Resep Tahu Campur Surabaya

Bahan pelengkap :
250 mie basah
6 buah tahu China, goreng, lalu potong kotak
100 gram tauge, seduh air panas, tiriskan
2 bonggol selada
Kerupuk kanji secukupnya



Bahan kuah :
500 gram daging tetelan / urat sapi, rebus sampai empuk, potong2
Air kaldu rebusan daging1500 L
1 batang serai, memarkan
Garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu yang di haluskan :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh kunyit bubuk ( aku pakai kunyit segar biasa )
1 sendok teh merica bubuk
1 1/2 sendok teh ketumbar bubuk ( aku pakai ketumbar biasa )
2 ruas jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu daging dan dagingnya, serta bumbu2 lain, masak hingga meresap dan matang.

Perkedel Singkong 

Bahan :
500 gram singkong, di parut, peras jika banyak airnya
1/2 sendok teh ketumbar
1- 2 siung bawang putih
1 cm kunyit
1/2 sendok teh gula pasir
Garam / kaldu bubuk secukupnya
3 lembar daun jeruk purut, iris halus

Cara Membuat :
Campur semua bahan perkedel, aduk rata, bentuk sesuai selera, lalu goreng di minyak panas dan terendam hingga matang.


Sambal Petis :
10 buah cabe rawit
3 sendok makan petis udang
1 sendok makan kecap manis
2 sendok makan air matang

Cara membuat : Ulek cabai rawit, aduk rata dengan semua bahan sambal lain. Ini bahan wajib dan  rahasia kelezatan tahu campur Surabaya..jadi musti pakai sambal petisnya ini..kalau nggak pakai kurang mantab..rasanya.


Cara Penyajian :
Siapkan piring saji. taruh 1 1/2 sendok makan sambal petis di piring, taruh mie, tahu goreng, taoge, selada, dan perkedel singkong. Tuangi kuah panas dan sajikan dengan kerupuk kanji secukupnya.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts