Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Terasi Matang



Kemaren dapat email dari Mba Ditta..minta resep sambal. kayaknya sich aku udah sering posting macam2 sambal sebenernya..tapi nggak pa2 sich..kemaren pas goreng ikan..jadi bikin sambal terasi matang...jadi sekalian di posting..mudah2 an sambal terasi ini yang di cari ya Mba Ditta...^^

Sambal terasi matang ini..citarasanya sedikit manis...tapi ya bisa di sesuaikan selera lah ya manisnya..aku juga kurang suka..kalau yang terlalu manis..kayak di sambel Bandeng presto Semarangan itu..suka kemanisan. Kalau di Jawa Tengah sambel matang seperti ini di sebut juga sambal tomat..paling enak nich..di makan pake ayam goreng..bandeng presto..ikan goreng..buat makan sayur sop kampung..atau sayur gurih nggak pedas lain..misalnya opor, gudeg dll. Sambal ini versi matang semua bahan2nya. Bahan2nya juga di goreng dulu, baru di ulek, kemudian di tumis kembali hingga benar2 matang. Jadinya sambal ini awet dech..nggak mudah basi..apalagi jika di simpan di kulkas..bisa lebih awet lagi. jadi..bisa di buat sekalian banyak..tinggal di panasin sebentar dech kalau mau makan. 

Bikin sambal itu sebenernya nggak susah lho..cuma..memang harus pas aja takaran garam dan gulanya..jadi..kalau bikin sambal..di colek aja dulu rasanya..udah pas atau belum sebelum di sajikan..takaran garam dan gulanya. Jadi..bisa di tambahin sesuai selera. Biar lebih mantap..kualitas terasi juga pengaruh..untuk membuat sambal terasi begini. Tingkat kepedasan juga bisa di sesuaikan selara..mau pedas banget..banyakin aja cabe rawit merahnya..mau nggak pedes banget..pakai aja cabe merah semua.
Sambal Terasi Matang

Bahan :
8 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
6 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1 sendok teh terasi
1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )

Cara membuat :
Goreng semua cabe, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi.
Haluskan semua bahan sambal, tambahkan gula dan garam, koreksi rasa. Jika sudah pas rasanya..tumis kembali sambal dengan minyak hingga matang. Sajikan dengan ayam goreng, ikan goreng dll...serta lalapan jika suka.
Simpan di toples kaca dan tutup rapat, lalu simpan di kulkas..kalau mau buat persediaan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts