Laporkan Penyalahgunaan

Rujak Cingur


Rujak Cingur..rujak khas Surabaya Jawa Timur ini sangat unik dan segar rasanya. Unik..karena rujaknya terbuat dari campuran buah2 an dan sayuran rebus..masih ditambah lagi tahu dan tempe goreng. Dan yang plaing unik adalah pemakaian cingur..atau kulit hidung sapi..hihi, cingur = hidung..^^ Tapi jangan il feel dulu ya teman2 buat yang belum pernah makan..enak kok..cingur sapi nya yang di pakai kan bagian yang tebal kulitnya dan kadang masih ada sedikit dagingnya..jadi rasanya kayak kikil dan empuk kenyal2. 

Dulu pertama kali makan rujak cingur di Yogya ya..ragu2 juga..kok rada aneh sich..sayuran..campur buah2an..campur cingur pula..udah gitu di kasih saus petis yang banyak..wah..nggak kebayang dech dulu rasanya. Tapi setelah mencoba..eh ternyata enak juga lho..sayuran di campur buah2an enak juga...rasanya jadi ada seger2 asem dari buah2annya dan ada tekture crunchy nya..pokoknya walau campur aduk enak dan seger dech. Nah..sebagai iconnya ya..itu tadi..cingur sapi yang kenyal2 gurih..enak dech. Tapi jika terpaksa tidak suka cingur..yang boleh aja di ganti kikil atau kulit bagian lain..rasanya kan hampir sama semua ya..kenyil kenyil. Citarasa utama yang membuat rasa rujak cingur menonjol adalah bumbu petisnya. Kalau aslinya di Surabaya sana..katanya beberapa penjual rujak cingur memakai campuran beberapa macam petis..bahkan ada yang sampai memakai 7 petis..hihi..petis apa aja tuch ya sampai 7 macam. Kalau aku buat cukup 2 macam petis saja..petis kemasan yang bagus..dan petis pasar..di campur..udah enak dan menonjol juga kok rasanya. 

Cuma yang nggak ada dari rujak cingurku adalah pisang kluthuknya. Kalau beli itu kan ada rasa dan aroma pisang kluthuk mentah..yang bikin rujak cingurnya tambah sedep. Tapi nggak masalah juga sich jika tidak ada..nggak pakai. Yang penting bumbu2nya pas..ya tetep enak kok rujak cingurnya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka rujak Cingur khas Surabaya ini.Yukk siapin bahan2nya :
  • Bahan pertama, sayuran terdiri dari kangkung dan kacang panjang rebus, taoge yang di seduh air panas, tahu dan tempe goreng, serta 250 gram cingur sapi yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan daun salam serta jahe sampai empuk, lalu di goreng sebentar. Jumlah sayuran dan bahan lain..secukupnya saja ya..mau buat berapa porsi. Kalau kayak aku di bawah ini cukup untuk 2 -3 porsi..tergantung banyak nggak makannya..^^
  • Bahan buah2 an..bengkuang, ketimun, kedondong, mangga muda, dan nanas, sesuai selera juga jumlahnya..kalau aku cukup beli paket rujakan itu udah komplet dan mur mer..^^
  • Saus kacang dan petisnya untuk 2 - 3 porsi : 50 gram kacang tanah goreng, 2 bawang putih, 4 cabe rawit,  1/2 sendok makan gula merah, 3 sendok makan campuran petis pasar dan petis kemasan supermarket, 2 biji asam jawa, garam secukupnya ( Boleh tambahin  kecap manis secukupnya jika suka ), ulek semua bumbu dan aduk rata. Tambahkan air dan kecap manis secukupnya.
  •  Hasil akhir sausnya seperti ini.
  • Siapkan piring saji..taruh sayuran, buah2an, tahu dan tempe goreng, serta cingur sapi secukupnya per porsi.

  • Tuangi saus kacang dan petis secukupnya.Rujak cingur siap di hidangkan..dengan kerupuk..makin enak..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts