Laporkan Penyalahgunaan

Resep Nasi Liwet Solo Komplit



Nasi liwet Solo..komplit...ini menu request suami buat buka puasa kemaren Kamis..baru sempat posting sekarang. Sebelumnya suami cuma request pengen makan ingkung ayam kampung sich..cuma tak pikir2..lebih enak lagi di buat nasi liwet Solo sekalian..mumpung masak ayam kampung..sekalian ribetnya..tapi juga..sekalian puas..makannya..karena komplit dan enak.

Membuat nasi liwet khas Solo..komplet memang sedikit ribet, karena banyak yang harus di masak terpisah dan di persiapkan..tapi hasilnya..oke banget..sebanding dengan capeknya. Enak..lebih enak daripada beli..dan yang jelas..lebih puas..lha..ayam kampung satu ekor..cuma buat bertiga..itupun..nggak habis..paginya..di goreng dech ayamnya buat bikin bubur ayam...* Mak Irit..kan..hihi *. Tapi beneran..nggak berasa aja capeknya..kalau suami lahap makannya..Yodha juga suka..karena sayur labu siamnya nggak ku buat pedas banget..jadi masih doyan. Buat aku..tinggal di tambahin cabe rawit utuh yang banyak..tetepo..bisa pedes kok. Dan kata Yodha..nasi liwet ya Mi..hihi..hafal dia nama2 masakan. Enak..katanya.

Nasi liwet ini sekarang banyak ya kita temui di acara2 hajatan teman2..cuma kadang2..suka nggak otentik rasanya..sekedar nasi ..ayam suwir dan sayur labu gitu. Kemaren di acara pernikahan ponakan ku..nasi liwetnya malah asin banget. Ya..mungkin karena masakan katering ya..jadi suka asal aja. Padahal..kalau nasi liwet Solo yang otentik..nasinya aja udah enak banget dan gurih..di makan sama suwiran ingkung ayam kampungnya aja..udah enak banget..apalagi di tambah sayur labu siamnya yang gurih dan sedikit manis..dll..tambah enak lagi..harusnya sich seperti itu. Jadi..emang..lebih enak..kalau bikin sendiri dech..nasi liwetnya..bisa sesuai selera rasanya..dan juga karena masaknya benar2 sesuai otentiknya..jadi..lebih memuaskan hasilnya. Mau coba teman2..silahkan..jika pas ada acara keluarga mungkin..mau masak yang beda..atau buat weekend..dan pengen sesuatu yang khas dan beda..ini dia resepnya..^^
Nasi liwet gurih

Bahan :
250 gram beras
2 lembar daun salam 
1 batang serai, di ambil putihnya, dimemarkan
Garam secukupnya
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa 

Cara memasak :
Rebus beras, daun salam, serai, garam, dan santan sampai mendidih. Tutup panci. Kecilkan api. Masak sampai matang sambil sesekali di aduk. Angkat. Aduk-aduk sampai pulen.

Sayur Labu Siam 

Bahan :
2 buah  labu siam, dipotong korek api
8 butir bawang merah, diiris
4 siung bawang putih, diiris
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 buah cabai merah, dibuang biji, di haluskan ( Jika suka pedas, bijinya tidak perlu di buang, kalau aku aku buang..biar Yodha bisa tetep makan )
10 buah cabai rawit utuh
1/2 sendok makan ebi, rendam air hangat, haluskan
1 sednok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara memasak :
Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe halus hingga harum dan matang, masukkan ebi,aduk rata. Tuang santan dan bumbu2 lain, tunggu sampai mendidih, baru masukkan labu dan masak hingga matang. Koreksi rasa.


Ayam Ingkung ( Opor )

Bahan :
1 ekor ayam kampung
Santan 1000 ml dari 1 butir kelapa
Salam 2 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang , memarkan
Lengkuas 3 cm, memarkan
Gula merah 1 sendok makan
Garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit

Cara memasak :
Masak ayam dan semua bumbu serta santan, ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan santan mengental, sambi l sesekali di aduk dan di  koreksi rasanya. Angkat ayam..sisihkan kuah santannya untuk membuat areh.



Telur Pindang 

Bahan :
4 butir telur rebus, kupas
1500 ml air
1 1/2 sendok teh garam
Segenggam kulit bawang merah ( bisa juga pakai daun jati )
2 lembar daun salam 
Cara memasak :
Rebus semua bahan hingga telur kecoklatan

Areh kuning :
2 butir telur dan kuah santan ayam seckupnya, aduk rata , lalau kukus hingga matang.

Areh putih :
1 butir putih telur, kocok hingga kaku,masak dengan santan kental dan garam secukupnya.
Penyajian :
Sajikan nasi liwet di picuk daun pisang..dengan suwiran ingkung dan pelengkapnya...yummy..!




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts