Laporkan Penyalahgunaan

Resep Donat Mini Pakai Cetakan Donat Listrik




Akhirnya...cetakan donat listrikku ku berdayakan lagi..setelah lama tersimpan manis di lemari dapur...terlupakan oleh gadget2 dapur baru lain yang aku beli...hihi. Biar nggak merasa bersalah gitu..pas beli semangat bener..giliran make..sesekali..hihi. Lha..saking banyaknya peralatan bikin kue yang aku beli..udah kayak Mamanya Shinchan aja..kalau ada alat dapur baru..pengen beli aja..abis itu di tumpuk di lemari..hihi. Tapi..sebenernya alat ini cukup praktis sich..kalau sekedar buat bekal Yodha..bisa bikin kue cubit..donat mini..waffel..chiffon cake mini..dll. Karena praktis...tinggal di colokin..mateng dech donatnya. Cuma ..ya itu..hasil akhir..bentuknya kayak donat mini semua..hihi.

Nah..karena sekarang Yodha lagi suka bawa bekal snack dari rumah..cukup membantu dech alat ini..karena cukup di panggang 2 menit..donat mini nya udah mateng. Oh ya..cetakan donat mini ini rupanya kalau di luar negeri cukup populer..banyak banget resep2 dari web luar yang pakai donat mini ini..jadi bakalan rajin dech uji coba pakai alat ini. Resep pertama ini adaptasi dari luar juga..jadi pakai cetakan cup. Resepnya praktis..cukup di mixer sebentar semua bahan..terus di panggang sekitar 2 menit..udah matang. Rasanya empuk..lembut dan cakey..kayak cake gitu rasanya.Tapi buat Yodha..nggak masalah sich..mau donat versi kayak apa aja..dia suka..yang penting..toppingnya..harus ada coklatnya..hihi. 

Jadi..buat teman2 yang punya cetakan donat mini listrik ini..silahkan di coba resepnya. Nanti aku akan uji coba lagi resep2 lain yang pakai cetakan donat listrik ini dech..^^

Resep Donat Mini Dengan Cetakan Donat Listrik

Bahan :
1 1/2 cup tepung terigu
1/2 cup gula pasir ( Terlalu manis, kalau aku aku kurangi dikit gulanya )
1 1/2 sendok teh baking powder ( aku 1 sendok teh aja )
1 butir telur
100 gram margarin, lelehkan
3/4 cup  susu cair.
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanila essence

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam mangkuk besar, lalu mixer hingga halus, kental dan creamy.
Panaskan cetakan donat listrik, olesi dengan margarin tipis2, tuang 2 sendok teh adonan ke dalam masing2 cetakan. Tutup cetakan dan panggang selama 2 menit, lalu angkat dan dinginkan.
Sajikan dengan topping sesuai selera.

Note
Jangan mengharapkan bahwa donat ini rasanya seperti donat Indonesia yang di uleni dan pakai ragi ya teman..karena donat ini rasanya lebih ringan dan hampir seperti cake donat. Empuk..berpori..tapi nggak beraroma ragi kayak donat kita ya. Makanya cetakan donat listrik ini kalau di luar negeri di sebut juga cetakan mini cake.
Karena resep ini adaptasi dari resep luar..maka memakai takaran cup..jika tidak punya cup ukur..liat konversi ukuran dari cup ke gram di sini











Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts