Laporkan Penyalahgunaan

Pisang Rai Khas Bali



Kemaren di kirimi pisang kepok banyak dari Kakak Ipar..ranum2..gitu..jadi mau di rebus atau di goreng begitu saja kok sayang. Jadi..aku olah aja jadi beberapa jajan pasar dari kemaren. Kemaren udah bikin Nogosari..dan juga pisang rai ini. Pisang rai...adalah jajan pasar khas Bali. Terbuat dari pisang yang di lumuri adonan tepung, kemudian di rebus di air mendidih, jadi lebih sehat ya di banding pisang goreng. Pisang rai ini semakin gurih, karena setelah matang di gulingkan ke kelapa parut yang di beri sedikit garam. Untuk melengkapi rasa manisnya..bisa di tambah juga saus kinca gula merah. Pisang rai nich kebanyakan berwarna putih aja lapisan tepungnya..tapi kok jadi pucat menurutku..karena nanti di lapis kelapa parut..warnanya putih juga kan..jadi aku kasih pasta pandan aja..biar berwarna hijau kemaren..dan jadinya lebih cantik..^^

Cara membuatnya cukup mudah..cuma..kalau menurutku..jika cuma di rebus sebentar..lapisan tepungnya udah matang..tapi..bagian dalam pisangnya masih keras..aku suka pisang rebus yang  benar2 matang..jadi aroma dan rasa manis pisang bisa keluar. Akhirnya kemaren setelah di rebus..aku angkat dan kukus lagi sebentar..baru dech wangi pisangnya keluar dan pisangnya jadi empuk. Next time mungkin aku kukus dulu pisangnya sebentar sampai matang kalau bikin lagi..hihi. So..far...suka dech hasilnya..sama pisang rai Bali ini..walau baru pertama ini cobain bikin sendiri...enak..lapisan tepungnya pas..nggak tebal banget jadinya..dan lembut juga. Suami juga suka..alhamdulillah..jadi ada yang bantu ngabisin..kalau Yodha..nggak suka jajan pasar soalnya....apalagi ada pisang dan kelapanya..pasti bilang *alergi* dech dia..hihi..
Pisang Rai
Bahan :
10 buah pisang kepok kuning
100 gram tepung beras
2 sendok makan tepung tapioka
75  ml air panas
2 sendok makan santan instan
Garam 12 sendok teh, gula pasir 1/2 sendok makan
Kelapa parut panjang 1/4 butir, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar

Cara membuat :
Aduk rata tepung beras dan tepung tapioka, serta garam dan gula pasir , tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga rata, masukkan santan instan, dan pasta pandan, aduk rata hingga jadi adonan yang kental.
Didihkan air, celupkan pisang ke dalam adonan tepung , lalu masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung dan matang. Tiriskan, lalu segera gulingkan ke kelapa parut.
Sajikan dengan sirup kinca gula merah.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts