Laporkan Penyalahgunaan

Panada..Bukan Pastel..^_^


Bentuknya mirip pastel, tapi..ini bukan pastel..tapi sejenis roti goreng berisi suwiran daging ikan. Yapp...namanya adalah..Panada...jajanan khas Menado yang terkenal ya..selain klappertaart. Ikan untuk isian panada ini biasanya ikan tongkol yang di suwir kecil2..terus di bumbuin pedas gurih. Nah..berhubung aku punya banyak stock abon tuna yang ku buat kemaren..akhirnya aku buat isian panada ini. Enak juga lho..cuma nggak pedas aja isinya..karena kan buat bekal Yodha kemaren. Ini kedua kali aku bikin Panada..dulu banget pernah buat sekali..isi ayam sayur...dan hasilnya ini lebih oke..adonannya mudah di bentuk dan enak hasilnya. Kalau kulitnya sich kayak roti goreng gitu rasanya. Di padu isian abon tuna yang gurih..pas banget. 

Panada ini cukup mengenyangkan lho teman2..jadi pas banget nich..bisa buat bekal sekolah anak homemade yang sehat dan bergizi. Yodha nich beberapa hari ini minta bekal cemilan dari rumah..alhamdulillah..udah senang ngemil. Sebenernya dari sekolah dapat snack sich pas break time..cuma. ya itu..seringnya snacknya itu jajan pasar..kayak serabi..kue lumpur..tahu bakso..cantik manis..dll yang Yodha nggak suka..hihi..jadi mesti di bawa pulang snacknya..nah..jadinya dia request bawa bekal snack sendiri aja dari rumah. ya udah..akhirnya ku bela2 ini bangun pagi tiap hari buat bikin bekal Yodha..paling sering sich bikin martabak manis..pancake..dll yang manis2 favorit dia..soalnya cepet bikinnya..dan nggak perlu banyak bahan. Nah..buat variasi..aku buat panada isi abon tuna ini kemaren. 

Jika tidak ada abon tuna..atau nggak suka di isi ikan.panada ini enak juga lho..di isi ayam suwir..kayak isian buat bakpao..atau ragout ayam sayur..atau di isi abon biasa teman2..jadi lebih praktis. Atau mau praktis lagi..di isi sosis aja..juga enak..jadi kayak roti goreng gitu. Cuma memang ciri khas panada ini memang harus berbentuk seperti pastel seperti ini.Panada memang lebih ndut ndut daripada pastel..soalnya kan adonan roti mengembang ketika di goreng. Hasilnya empuk dan lembut juga rotinya..asal proses menguleninya dan fermentasinya di tangani dengan baik, seperti kalau membuat adonan donat atau roti goreng seperti biasanya. Selamat mencoba.

Panada Isi Abon Tuna

Bahan kulit :
250 gram teung terigu protein sedang
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1/4 sendok teh baking powder
1 butir telur
1/2 sendok teh garam
140 ml santan kental ( aku kmrn lagi nggak punya santan..jadi ku ganti susu cair )

Bahan isi :  Aku pakai abon ikan tuna secukupnya ( bisa di ganti ragout ayam, abon sapi, sosis, dll )

Cara membuat :
Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder, aduk rata.
Masukkan garam, telur dan santan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan menjadi kalis dan elastis.
Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang.
Bagi adonan sesuai selera, bentuk bulat2, pipihkan..isi dengan abon tuna, bentuk dan pilin tepinya seperti pastel. Diamkan selama 20 menit lagi, lalu goreng hingga matang.
  • Nich liat dalemnya...nampak lembut..kayak roti goreng kan teman2..ya memang..panada..bukanlah pastel..hihi.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts