Laporkan Penyalahgunaan

Nasi Lengko



Nasi Lengko..nasi khas Cirebon..baru pertama ini sich bikin dan makan..gara2 iseng..buka2 majalah ada liputan tentang nasi lengko ini..dan tadi di tukang sayur ada semua bahan2nya..ya udah..coba dech. Berhubung baru nyoba..jadi buat seporsi aja..buat diri sendiri..hihi..takutnya suami nggak suka..soalnya.. unik..nasi..di makan sama sambal kacang..biasanya suami nggak suka kombinasi begitu..sukanya ya..sambal kacang itu...pakai lontong atau ketupat. 

Setelah aku coba..enak juga ternyata..nasi lengko ini. Saus kacangnya mirip2 saus lotek..bahan2nya juga..seandainya di tambah bayam dan kacang panjang rebus..jadi dech lotek Yogya..hihi. Ya..itulah keunikan kuliner nusantara..mirip2 bumbu dan bahannya..tapi tampilan dan cara makan..serta namanya udah beda2. Kalau lotek Yogya..biasanya di makan dengan lontong atau ketupat, kalau nasi lengko ini..sesuai namanya..di makan pakai nasi. Pelengkapnya sederhana saja dan murah meriah..cuma tahu tempe goreng, taoge dan ketimun, sama kerupuk mie. Ada dua versi nasi lengko katanya..kalau di majalah yang aku baca nich...cuma pakai bumbu kecap pedas aja..nggak pakai kacang..nah..setelah aku browsing2 ternyata ada yang pakai kuah kacang..jadilah aku pilih yang kuah kacang aja..lebih enak menurutku. Jadi dech..aku bikin nasi lengko..seporsi aja..ala Cirebon..atau Tegal ini ya..yang pakai saus kacang?..Katanya di Tegal..juga ada nasi lengko begini..ala mana saja dech..yang penting judulnya nasi lengko..dan enak rasanya. Mau coba hidangan mur mer ini teman2..silahkan..bumbu2..sesuai seleraku sendiri ya..silahkan di sesuaikan selera masing2 pedasnya...^^
Nasi Lengko

Bahan :
1 buah tahu putih
1 potong kecil tempe
Segenggam taoge pendek, rendam sebentar dengan air panas
1/2 buah mentimun
Sedikit kucai, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
Kerupuk mie secukupnya
Nasi putih yang pero secukupnya ( aku pakai nasi merah..^^ )

Saus kacang :
50 gram kacang tanah goreng
3 buah cabai rawit merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Kecap manis secukupnya

Cara membuat :
Rendam tahu dan tempe di air bumbu : garam secukupnya, bawang putih dan ketumbar, lalu goreng hingga matang. Potong2 kecil.
Ulek cabai rawit dan bawang, tambahkan garam, gula dan air panas secukupnya ( saus kacang agak encer ya..katanya kalau untuk nasi lengko ini teman2..)
Siapkan piring saji, taruh sedikit nasi, tahu dan tempe goreng, taoge, ketimun, daun kucai dan bawang goreng. Siram dengan saus kacang. Kucuri dengan kecap manis sesuai selera. Sajikan dengan kerupuk mi kuning. Aduk2 dulu ya semua ..biar bumbu merata...sebelum di santap..Enjoy..!






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts