Laporkan Penyalahgunaan

Lele Bakar



Masih..dalam rangka membuat Yodha suka makan ikan..akhirnya aku kembali masak bakar bakaran. Walau sebenernya rada males kalau halus membuat masakan yang di bakar2 di arang gitu..karena malas nyalain arang..bikin baranya..hihi..besok2 musti beli alat bakaran yang listrik nich biar mudah..tapi...masakan di bakar ya enak kalau memakai arang ya..di banding alat bakar modern gitu. Tapi..untuk Yodha ya okay okay aja..sesekali masak bakaran, karena Yodha nggak suka ikan yang di goreng kering gitu..kan jadi keras ya dagingnya. Sedangkan kalau di bakar kan daging ikannya masih lembut. Akhirnya aku bakar lele saja..yang nggak terlalu banyak durinya dan ikannya nggak terlalu besar..jadi lebih mudah matangnya.

Bumbu rendaman untuk lele bakar ini aku tumis dulu sampai matang dan harum, jadi lebih enak dech lele bakarnya..lebih kaya rasa dan semakin gurih...karena memakai bumbu lengkap. Agar bumbu lebih meresap..setelah di lumuri bumbu diamkan dulu lele di kulkas, minimal 1 jam, semakin lama sich semakin ok..karena bumbunya akan semakin meresap. Setelah itu baru di bakar seperti biasa. 

Tips membakar ikan..agar tidak menempel di panggangan..olesi  dulu panggangan dengan minyak ya..sebelum ikannya di letakkan di atasnya. Selain itu juga jangan sampai bara apinya terlalu dekat..supaya ikan bakarnya  bisa matang sempurna, dan nggak cepat gosong. Selamat mencoba ya teman2..jika suka lele bakar..^^

Note  Maaf ya teman2..Keyboard ku lagi error..kadang2 nggak bisa ngetik huruf setelah *O* nich..hihi..jadi ada huruf2 tersebut yang hilang ya..nanti tak benerin setelah beli keyboard baru..^^
Lele Bakar

Bahan :
5 ekor lele ukuran sedang 
Keca manis sesuai selera
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan 
1 sendok teh gula merah
1 sendok teh kaldu bubuk  garam sesuai selera
Bumbu halus 
5 buah bawang merah
2 siung bawang utih
1 sendok teh ketumbar
1 ruas jari kunyit
3 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat 
Haluskan semua bumbu halus, lalu tumis hingga matang dan harum, masukkan lengkuas, daun salam serta gula merah, garam  kaldu bubuk , aduk rata.masukkan sedikit air, agak bumbu mengental dan nggak gosong. Angkat bumbu halus. Tambahkan keca manis sesuai selera.
Kerat2 bagian tubuh ikan lele agar bumbu bisa meresa, olesi dengan bumbu halus dan diamkan di kulkas selama minimal 1 jam. Bakar lele di bara hingga matang, sajikan dengan sambal sesuai selera.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts