Laporkan Penyalahgunaan

Lapis Singkong


Di banding bikin cake2..aku memang lebih sering bikin jajanan tradisional ya..padahal pengen juga sering2 praktek bikin cake2..cuma..nggak ada yang ngabisin..hihi, paling2 aku makan sendiri..terus ku bagi2 ..lha suami dan anak..nggak suka cake2 gitu. Sendainya mereka suka..wah..bisa tiap hari kali baking aku. Tapi ntar dech buat variasi..tak coba bikin cake2 yang baru yang belum pernah di buat..sapa tau mereka mau ya..^^. Jadi sementara..bikin lapis dulu dech....bukan cake lapis...tapi..lapis singkong..hihi. Lha..kalau ini..suamiku kok malah doyan..sekali makan bisa habis 3 potong. Walaupun Yodha..tetep..*alergi singkong* katanya..hihi. Yo wis..yang penting salah satu suka..kalau Yodha..gampang..tinggal bikinin martabak manis atau wafel..udah anteng dia..cemal cemil. Wah..repot ya..kalau suami dan anak sukanya cemilannya beda2,..tapi ya..nggak masalah...buat mereka..apa sich ya enggak di lakukan ya..kan teman2.

Oh ya..aku sering bikin lapis singkong ini..cuma biasanya males nge layer2 dengan benar..jadi suka asal ku tumpuk..aja beberapa warna langsung kukus..Jadi hasilnya nggak beraturan gradasi warnanya. Nah..kemaren lagi rajin nich..di kukus selapis demi selapis..jadi hasilnya bisa bener2 berlapis warnanya..cantik dech. Lapis singkong ini sebenernya resepnya sama kayak sentiling yang dulu pernah ku buat..cuma kalau lapis singkong ini pakai santan , jadi lebih gurih. Di makan sama kelapa parut..wah..tambah enak lagi. 

Rasa lapis singkong ini..empuk..lembut tapi sedikit kenyal..legit dech pokoknya..karena ada tambahan agar2 bubuk. Cemilan yang cukup mur mer..tapi hasilnya enak banget..nggak kalah dech sama yang di jual di bakery gitu teman2..hihi..*pede..*..mbandinginnya sama yang di bakery..bukan yang di jual di pasar.,..hihi..soalnya emang yang di jual di pasar..suka asal2 an kalau bikin jajan pasar, jadi aku suka beli jajan pasar kalau lagi males bikin sendiri di salah satu bakery di sekitar tempat tinggal ku..yang jual aneka jajan pasar juga..aku paling suka lapis singkongnya..dan rasanya yang sama kayak yang aku bikin ini. Jadi..ayukk cobain ya..teman..jajan pasar mur mer yang enak ini..modalnya dikit ..hasilnya..oke..cuma perlu telaten aja ya bikinnya.
Lapis Singkong 

Bahan :
800 gram singkong
1 bungkus agar2 lain
1 gelas santan ( kira2 250 ml )
180 - 200 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili
Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Bagi menjadi tiga bagian sama rata, beri warna sesuai selera
Siapkan loyang kotak sesuai selra, alasi dengan palstik tebal. Kukus adonan satu warna selama 15 menit, tambahkan adonan satu lagi warna lain, kukus selama 15 menit, tambahkan lagi adonan terakhir, kukus selama 20 menit

Tips :
Dinginkan lapis singkong sampai benar2 dingin, baru di potong2. Jika perlu masukkan ke kulkas sebentar agar lebih padat.
Alasi pisau dengan plastik agar lebih mudah memotong dan bisa rapi potongannya
Gunakan pewarna makanan saja, jangan pasta yang ada rasanya..karena akan merusak rasa asli lapis singkongnya.











Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts