Laporkan Penyalahgunaan

Jamu Kunir Asem ( Kunyit Asam )



Jamu..jamu..siapa mau jamu ?...Ada jamu kunir asem...hihi...udah kayak mbok2 bakul jamu nich..ya teman2. Siapa yang suka minum jamu kunir asem..atau kunyit asem...?.Yukk..mampir..aku barusan buat ..banyak nich teman2. Jamu kunir asem ini bagus lho di minum buat kesehatan wanita..dan juga jamu ini salah satu jamu yang paling enak menurutku..karena rasanya seger..dan nggak pahit. Apalagi minumnya di tambah es batu..tambah seger dech...nggak kerasa minum jamu. Di beberapa restoran..malah jamu kunyit asam ini jadi salah satu menu minuman juga lho.

Jamu kunir asem, selain seger..juga bermanfaat buat meredam rasa nyeri haid pada wanita. Nah..daripada beli kemasan yang takut ada pengawet, dll..atau beli di mbok2 tukang jamu yang belum tentu bersih..ayukk bikin sendiri teman2..mudah kok. Dan..rasanya bisa seenak kalau beli kok..malah bisa sesuai selera manisnya. Bahan2 yang di pakai bisa terjamin kebersihannya..gulanya juga pakai bener2 gula asli..jadi lebih alami rasanya..dan tentu saja lebih sehat..juga lebih hemat..karena jadinya banyak dech..dengan sedikit bahan.

Biasanya..aku buat jamu kunir asem..asal cemplung cemplung aja..campur2 kunyit segar, gula dan asam..lalu di rebus. Kunyitnya suka ku parut atau ku iris2 kecil. Nah..kali ini..aku bikin yang beneran kayak tukang jamu..hihi..jadi bikinnya sekalian banyak dan bisa di simpan di kulkas..bisa tahan semingguan dech. Kali ini memakai kunyit yang di jemur dulu hingga kering dan di blender halus dulu. Karena musti di jemur dulu kunyitnya..jadi lebih baik bikin banyak sekalian kunyit bubuknya teman2..sekalian njemurnya gitu.Jika bubuk kunyitnya sisa..bisa di simpan..sebagai bumbu dapur praktis..atau di buat persediaan untuk bikin jamu kunyit asem lagi. Hasilnya..dengan kunyit kering ini memang lebih enak kunir asemnya..jadi seger dan nggak terlalu nyegrak aroma kunyit segar kayak yang biasanya aku bikin. mau coba teman2..yukk simak caranya ya..^^
Jamu Kunir Asem ( Kunyit Asam )

Bahan :
Kunyit 100 gram
Biang empu kunyit 100 ( kunyit yang bagian pangkal dan besar2 )
Asam Jawa 75 gram, rendam air panas, dan remas2 hingga kental, dan buang bijinya, saring.
Gula pasir 100 gram
Gula merah 150 gram
Air kira 1 L ( sesuai selera )

Cara membuat :
Kunyit dan empu kunyit di kupas, di cuci bersih, lalu di iris tipis2 dan di jemur hingga kering, lalu blender dengan blender kering hingga jadi bubuk kunyit halus.
Campur 3 sendok makan kunyit bubuk, air asam, semua gula dan air , masak hingga mendidih. Koreksi manisnya..udah pas belum. Angkat dan dinginkan. Saring kunir asem dengan saringan halus beberapa kali hingga tidak ad aendaan bubuk kunyitnya. Tuang dalam botol dan tutup rapat. Simpan di kulkas. Sajikan dingin..lebih segar dan nikmat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts