Laporkan Penyalahgunaan

Ebi ( Shrimp ) Okonomiyaki


Sarapan yukk teman2..yey..lagi sok sok an..sarapannya ala Jepang...hihi..padahal ini menu masakan ala Jepang yang paling sederhana, mudah..praktis dan murah bahan2nnya. Namanya cukup unik ya..Okonomiyaki..alias..pancake sayur kol ala Jepang. Ada dua macam Okonomiyaki katanya sich..ada yang versi campur langsung kayak gini..dan ada  juga yang adonan sama isian di buat berlapis2. Aku suka yang versi mudah saja..campur2 semua bahan. Tadi tuch males sarapan...karena udah nyemil wafelnya Yodha 2 biji..kebetulan suami juga puasa..jadinya nggak bikin sarapan buat suami..tapi..dasarnya perut kita..nich..udah nyemil wafel..2 biji..jam 10 an gini kok ya udah laper lagi..hihi..akhirnya tengok kulkas..ada kol dan udang..pengen bikin orak arik..tapi kok nggak ada sesuatu yang baru..akhirnya browsing resep pancake kol ala Jepang ini..dan ketemu yang paling mudah dan simple resepnya. 

Okonomoyaki ini adalah salah satu hidangan yang cukup populer ya di masakan Jepang. Biasanya di sajikan satuan..tiap orang satu pancake..dan di hidangkan harus dalam keadaan hangat2 begitu selesai di buat. Kalau di Jepang di dadar di wajan dadar..kayak wajan martabak gitu kali ya. Isiannya yang harus ada adalah kol / kobis yang di iris kecil2. Bahan tambahannya bebas..bisa udang..daging asap yag di iris kecil2, sosis, tempura dll. Nah..karena aku punyanya udang..jadi aku buat yang versi okonomiyaki udang aja..enak..karena aku suka udang. 

Kalau soal rasa sich sebelas dua belas..ama bakwan sayur..hihi..cuma ini lebih lembut dan di buat kayak pancake..jadi irit minyak. Tapi enak lho teman2..dalemnya lembut dan fluffy. Rasanya gurih dan sedikit manis..karena pemakaian kol yang lumayan banyak di setiap pancakenya. Di tambah udang..rasanya jadi makin gurih..ya iyalah..kayak bakwan udang itu lho teman2..enak kan..hihi. Lalu apa bedanya dengan dadar telur pakai kol ala kita?..Beda,..kalau dadar telur kan nggak pake terigu..kalau ini..pakai terigu di adonannya..hihi..unik kan. Tapi jika tidak di dadar..dan di goreng di minyak banyak..jadinya ya sama..kayak bakwan sayur..hihi..tinggal tambahin aja wortel ama taoge. Jadi..mumpung udah mau musim hujan nich teman2..enak lho..buat di makan hangat2..pas hujan gitu..makan pancake sayur yang gurih dan lembut..yummy. Daripada jajan di resto Jepang kan mahal tuch..jadi.lebih hemat buat sendiri di rumah..^_^ Jika suka bisa di makan pakai saus mayones juga...aslinya sich pakai saus Jepang yang aneh2 gitu..cuma aku ndak punya..ya sudah..cukup pakai saus sambal aja..udah enak..dan ..tetep..nyeplus cabe rawit..jangan lupa..hihi..*lidah Jowo..*..Selamat mencoba ya teman2..ini aku sertakan resep aslinya okonomiyaki..sama yang aku sesuaikan dengan bahan yang ada di dapurku..^^

Ebi (Shrimp) Okonomiyaki Recipe

Ingredients (serves 4) Recipe Source : Litle Japan Mama
about 1/2 a large cabbage (1/3 of a huge drumhead or 1 whole sugarloaf)
2 cups flour (I use self-raising, my mother says plain flour)
2 1/3 cups water
4 eggs
2 tsp dashi-no-moto (fish stock powder, can be replaced by chicken stock powder)
Okonomi Sauce or Tonkatsu Sauce

About 200g uncooked prawns, shelled, sprinkled with a little salt
1-2 negi (shallots/scallions/spring onions) sliced thinly, 
Japanese Mayonnaise

1 Tbsp beni-shouga (red pickled ginger) chopped finely
+/-Katsuo-bushi (for sprinkling on top)
+/-Ao-nori (for sprinkling on top)
How to make :
Finely slice cabbage.  (After slicing, bruise it a little by squeezing in your hands)
Mix flour, water, eggs in a large mixing bowl.  Mix in dashi, pickled ginger and negi.  Add cabbage and combine well. 
Heat a little oil in a frypan.  Spoon Cabbage/prawn mixture into the frypan, to make a circle about 22cm(9in) across and 1.5cm(3/4in) thick.  Make sure there's enough batter to hold it together.  Neaten the edges by using a spatula to push in the edges and any cabbage or batter that's sticking out.
Cook over med-low heat about 5 min.  Flip, then cook another 3-5 min.  When cooked through, turn onto a plate.
Spread sauce generously on top.  Decorate with Mayonnaise and your choice of Negi, Katsuobushi and Ao-nori.

Versi aku..aku buat 1/4 resep saja kira2 dari resep di atas..jadi cukup buat 1 pancake, oh ya..judulnya ebi okonomiyaki..tapi ini nggak pake ebi ala kita ya teman2..ebi itu dalam bahasa Jepang artinya udang..jadi pakainya udang segar..bahan tambahannya bebsa..kalau masak okonomiyaki ini..dari yang aku baca2 sich..jadi..tengoklah kulkas..ada sisa bahan apa teman2..dan yukk mari masak Okonomiyaki ^^ :
Ebi Okonomiyaki

Bahan :
50 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
100 ml air
1/4 buah kol
1 batang daun bawang
1/2 buah bawang bombay
Udang segar secukupnya
Bumbu aslinya cuma pakai kaldu bubuk ikan..tapi aku pakai kaldu ayam bubuk aja..1 sendok teh dan aku tambahin sendiri merica bubuk 1/4 sendok teh..hihi.

Cara Membuat :
Iris kol kecil2 dan halus, sedikit peras dengan kedua tangan, supaya airnya keluar. Aduk rata terigu dan air, masukkan telur, aduk rata hingga halus.
Masukkan kol, daun abwang dan bawang bombay, aduk rata.
Panaskan teflon atau wajan dadar, beri sedikit minyak, lalu tuang adonan tata udang di atasnya. Masak hingga bagian bawah matang, lalau balik. Masak hingga kedua sisi matang. Sajikan hangat dengan taburan daun bawang dan saus sesuai selera..yummy..!

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts