Laporkan Penyalahgunaan

Bakso Ikan & Ayam Homemade



Bakso daging..aku jarang sekali bikin sendiri..selain biasa beli..kadang..kalau bikin bakso kayak daging gitu, musti harus pakai daging kualitas bagus, dan buatnya juga musti dalam jumlah banyak sekalian, dan hasilnya kadang kurang bisa kenyal. Tapi..aku paling paling suka..bikin bakso ikan dan ayam...lebih murah, mudah..tanpa proses yang ribet dan macam2..hasilnya bisa kenyal. Mungkin karena ada campuran ikannya ya..jadi lebih mudah kenyal..dan tentu saja hasilnya juga lebih gurih..jika di bandingkan daging ayam saja bahannya.

Bakso ikan dan ayam ini enak di buat bakso kuah seperti biasa..atau buat campuran masakan lain seperti cap cay..mie goreng..nasi goreng atau di buat sup tekwan. Rasanya..gurih dan kenyal. Kemaren aku buat tahu kuah ini..karena sekalian mumpung bikin otak2 goreng kemaren..jadi klop banget dech..bakso kuah plus otak2 goreng. Di tambah lagi ada stock pangsit goreng di rumah..jadinya..enak dan seger banget dech..bakso kuah kompletnya. Jika mau..untuk variasi baksonya..bisa juga adonan di isikan ke tahu putih..jadi dech bakso tahu. Sebagai pelengkap  bakso kuahnya. Untuk memudahkan membentuk baksonya..ambil adonan..lalu di cotot pakai tangan..hihi..bahasa aneh ya..terus di bentuk bulat dengan bantuan sendok..kayak tukang2 bakso itu lho. Selamat mencoba..^^
Bakso Kuah Ikan dan Ayam

Bahan :
100 gram ikan tenggiri, yang sudah dihaluskan
100 gram ayam giling
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
2 putih telur
100 gram tepung sagu
1/4 sendok teh penyedap rasa ( optional )
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir 

Cara Membuat :
Jika ada food processor..masukkan semua bahan dan proses hingga lembut. Jika tidak ada..bisa cara manual, aduk rata ikan tenggiri giling dan ayam giling dengan putih telur dan semua bumbu.Uleni hingga halus dan lembut, baru masukkan tepung sagu dan uleni rata.Didihkan air..masukkan bulatan bakso yang sudah di bentuk..lalu rebus hingga mengapung.

Bahan Kuah:
1500 ml air kaldu ayam
4 siung bawang putih, goreng utuh, memarkan
2 batang daun bawang, potong 1 cm
2 batang sledri,  cincang halus
Bawang goreng secukupnya
1 blok kecil kaldu ayam
Garam secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Kuah :
Rebus air kaldu dan semua bumbu hingga mendidih, kecuali daun bawang dan seledri, dan bawang goreng..koreksi rasa. Sajikan kuah dengan bakso dan irisan daun bawang serta daun seledri.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts