Laporkan Penyalahgunaan

Apa itu B.O.S ?


B.O.S..apa itu?..Bukan BOS atasan kita atau bantuan operasional sekolah lho..hihi..tapi B.O.S yang akan aku bahas ini adalah hal yang berhubungan dengan perbakingan. Yappp..buat yang udah biasa pake..pasti tahu ya..apa itu B.O.S..yaitu butter oil substitute..yang artinya : bahan lemak / minyak pengganti mentega. Nah..sebelum kita bahas lebih lanjut si B.O.S ini..sebaiknya kita tahu dulu ya..bahwa kalau kita bikin cake dan kue kering..biasanya salah satu bahan pentingnya adalah lemak ya. Lemak ada 4 macam..ada butter..atau mentega yaitu lemak hewani..yang terbuat dari susu..makanya wangi susu ya..hihi. Mentega ini mudah mencair di suhu ruang. Mentega ada dua macam..ada unsalted butter, yaitu mentega yang nggak asin..dan ada juga salted butter..yaitu mentega asin.Yang kedua..adalah margarin..yang terbuat dari lemak nabati, dari minyak kelapa sawit ya di padatkan melalui proses hydrogenisasi dan di tambah air, flavor , garam dan betta carotene, sehingga tekturenya lebih padat daripada mentega..dan tidak mudah mencair di suhu ruang. Selain itu sering juga kita memakai minyak sayur biasa..untuk membuat cake atau kue kering. Nah..selain itu..sebenernya masih ada satu lagi produk lemak untuk perbakingan yang bisa kita pakai yaitu B.O.S. Nah..B.O.S inilah yang akan kita bahas lebih lanjut ya.

B.O.S adalah hasil olahan lemak nabati juga..tapi tidak mengandung air dan garam, hanya ada kandungan lemak nabati dan beta carotene. Bentuknya mirip mentega..berwarna kuning bening..mudah mencair dan tercampur jika di kocok dengan telur, tapi aromanya tidak menyengat bau susu banget kayak mentega. Nah..buat apa kita pakai B.O.S..jika udah ada butter dan margarin ya..? Tentu saja alasannya..nah..salah satu alasan penggunaan B.O.S ini adalah buat mendapatkan tekture lembut dan keempukan di cake..serta kerenyahan kalau di kue kering..seperti kalau menggunakan mentega. Nah..kenapa nggak pakai mentega aja?..Pasti gitu ya pertanyaan teman2..hihi..masalahnya..mentega itu kan mahal..sedangkan..B.O.S ini harganya ekonomis..seharga margarin dech..tapi bisa menggantikan fungsi mentega . Dan yang paling penting..nggak semua orang suka dan bisa makan mentega..contohnya..adalah aku sendiri..hihi. Aku kok nggak suka ya wangi butter atau mentega yang mahal itu..karena menurutku terlalu neg dan wangi susu aromanya..hihi..*lidah ndeso*..jadi aku lebih suka..pakai margarin dech kalau baking. Walaupun Yodha dan papinya nggak masalah dengan aroma mentega..tapi tetep..karena aku nggak suka..aku lebih suka bikin cake atau kue..pakai margarin aja..atau pakai B.O.S ini..soalnya lebih ekonomis juga sich...hihi..biasa..*Mak Irit*

Tapi..karena ada beberapa resep tertentu yang mengharuskan kita pakai mentega..contoh..Resep donat praktis tanpa di uleni yang aku posting beberapa waktu yang lalu..nah..makanya..B.O.S inilah yang jadi penyelamat ku..hihi. Bisa menggantikan fungsi mentega..tanpa terganggu aroma *nyethek*nya hihi. Mungkin sich buat banyak orang Indonesia..mentega itu simbol kemewahan dalam produk kue2 kering atau cake ya..makanya aneka cake atau kue2 kering yang pakai mentega biasanya di anggap kualitas satu dan lebih bergengsi..itu buktinya..kalau mau lebaran harga mentega langsung melonjak naik..dan kue2 kering yang pakai butter atau mentega ini..harganya pun selangit..setoples sampai ada yang seratus ribu..hihi. Padahal..tau nggak teman2..kalau di luar negeri..ya biasa aja tuch..emang mereka  adanya kebanyakan butter di pasaran..jadi setiap kue2 ya pakai butter. Kata temenku Rima yang tinggal di Australia..kue2 yang pakai Blueband...malah lebih mahal harganya di kalangan warga Indo yang tinggal di sana..hihi..wo alah..kebalik balik ya..klau di Indo..margarin murah..kue kering pakai margarin di anggap biasa. Kalau di Australia..mentega melimpah..eh malah kue pakai blueband lah yang di rindukan warga Indonesia yang tinggal di sana..hihi.

Jadi.mau bikin kue pakai margarin..mentega atau minyak goreng..atau B.O.S..silahkan teman2..sesuaikan selera saja ya..tapi untuk kue2 yang mengharuskan pakai mentega..tenang..jika ada yang nggak suka mentega kayak aku..atau mau buat usaha kue2 dan harga mentega membebani biaya produksi ?..tenang..masih ada penggantinya teman2..yaitu di B.O.S ini. Harganya ekonomis kok..seharga margarin per 250 gramnya...sekitar 6 ribuan. Ada beberapa merk B.O.S yang beredar di pasaran..yang paling mudah di temui yaitu Filma...seperti foto yang aku upload ini..merknya Filma..bagus sich menurutku..kalau buat cake tekture nya bisa lebih lembut dan kalau buat kue kering bisa lebih empuk dan renyah..serasa pakai mentega dech..cuma minus aroma susu yang menyengat aja. Di mana bisa cari B.O.S..tentu saja di TBK ya teman2..di toko bahan2 kue..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts