Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Kering Tempe



Kering tempe..masakan sehari2 ya teman2. Sangat mudah membuatnya..dan aku yakin udah di luar kepala ya kita kalau buat kering tempe ini. Tapi karena ada teman yang nanya via email..tentang cara buat kering tempe yang enak..baiklah..aku tulis aja sedikit tips2nya ya..mungkin berguna buat teman2 lain juga..yang baru belajar masak..agar bisa membuat kering tempe yang enak..renyah dan awet kriuknya.

Kering tempe ini selain cocok sebagai lauk nasi kuning..juga bisa kita jadikan stock lauk kering..jadi cocok nich buat teman2 yang masih sibuk ngantor..kalau kepepet nggak punya lauk..kering tempe ini bisa di jadikan stock di meja makan..tinggal di makan pakai nasi anget..udah enak juga kan. Kalau suamiku malah kadang di cemal cemil dech kering tempe ini..hihi..jadi jarang bisa tahan lama..alias..cepet habisnya kalau aku buat kering tempe ini.

Nah..biar kering tempe yang kita buat lebih enak dan bisa tahan lama..aku ada sedikit tips nich..siapa tau bermanfaat ya,..selamat mencoba..^_^
  • Pilih tempe yang benar2 udah jadi..yaitu yang bentuknya padat dan butiran kedelainya udah menyatu halus permukaannya..supaya mudah di iris..dan tidak hancur sewaktu di goreng. Agar bentuk kering tempe bagus, pilih tempe kotak bungkus plastik. Lebih mudah juga untuk memotong2nya.
  • Goreng tempe di minyak banyak dan terendam..agar matang dan kering secara merata..namun jangan terlalu banyak memasukkan tempe iris ke dalam minyak..karena akan mengurangi suhu minyak..jadi tidak bisa cepat kering tempenya.
  • Goreng semua bumbu hingga kering seperti cabai dan bawang, setelah di iris tipis, jadi kering tempe bisa awet kriuknya. 
  • Tambahkan lebih banyak bawang putih yang di iris dan di goreng kering juga..makan kering tempe akan semakin enak dan gurih rasanya.
  • Gunakan sedikit air saja untuk mengencerkan gula agar bisa cepat berambut dan kering yang di hasilkan lebih awet kriuk.Masukkan tempe jika gula sudah benar2 kental dan berambut. Jika belum kental sudah di masukkan kering tempe bisa basah dan kurang kriuk lagi. Bumbu2 yang sudah di goreng kering, juga di masukkan setelah gula mulai berambut..agar tidak basah lagi. Jangan lupa beri garam secukupnya.
  • Gunakan wajan lebar agar bisa mengaduk tempe dan bumbu dan gula hingga rata
  • Jika kering sudah matang dan ketika di cicipin masih terasa kurang sedikit bumbu atau kurang manis gula..bisa di tambahkan lagi dengan cara mencairkan gula lagi dengan sedikit air hingga berambut..lalu masukkan kering tempe lagi dan aduk rata lagi. Kalau aku biasanya..aku cicipin sich gula yang bumbu yang sudah di aduk..dan di kira2..sudah pas belum dengan jumlah tempe yang kita masak.
  • Untuk variasi kering tempe bisa di campur teri goreng..kacang goreng atau kentang goreng tipis2..juga enak.
  • Simpan kering tempe di toples kedap udara. 
Resep  Kering Tempe

Bahan :
Tempe 1 papan ( kira2 300 gram ), iris tipis

Bumbu iris : 
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis ( boleh di tambah jika suka )
Cabe merah 8 buah, iris tipis ( sesuai selera )
2 cm lengkuas
2 daun salam
75 - 100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera )
Garam secukupnya
100 ml air dan  1 sendok teh air asam jawa

Cara Membuat :
Goreng tempe sampai kering dan renyah. Goreng juga bawang merah, bawang putih dan cabe merah hingga kering, sisihkan.
Masak air dan air asam, gula merah, garam, lengkuas,  dan salam sampai mengental dan berambut, masukkan tempe dan bumbu kering. Aduk rata. Simpan di toples jika sudah dingin.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts