Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Pencit ( Mangga Muda )


Udah lama penasaran bikin sambal mangga yang enak. Dulu pernah di kasih temen..sambel mangga..tapi masih terasa asam banget gitu, jadi kurang suka. Nah..beberapa waktu lalu makan sambal mangga yang enak di salah satu resto bebek..akhirnya..jadi pengen coba sendiri bikin sambel mangga yang enak. Akhirnya Minggu kemaren ke lapangan tenis milik Eyangnya Yodha..yang banyak kebun mangganya di sekitar lapangannya dan lagi banyak buahnya. Eh..tapi ternyata telat..udah banyak yang di *tebasin* ( di jual ke tengkulak ketika masih muda di pohon..)..Untung masih ada beberapa mangga harum manis mengkalnya di pohon..jadi bisa minta dech. Mangga muda yang enak di buat sambel mangga adalah mangga harum manis kayak gini..karena ada rasa asam segar ketika masih mengkal.Wah..jadi inget pohon mangga harum manisku di samping rumah..dulu kalau musim gini..buahnya lebat banget..sayangnya udah di tebang dech..sekarang baru nyesel..beli mangga aja mahal..hihi.



Sambel pencit ini paling enak di makan sama ikan bakar...atau ikan goreng. Pas dech..kemaren punya stok ikan di frezer..jadi dech nyambel mangganya. Rasanya..enak banget ternyata kalau bikin sendiri. Rasanya pedes..seger asem..dan menggugah selera makan. Di jamin kemecer dech teman2..hihi. Kuncinya bikin sambel mangga muda yang enak..ternyata dalah perbandingan gula dan garamnya musti pas..jadi musti di tambah2 sesuai selera..jumlah gula dan garamnya..sampai ketemu rasa yang pas..dan hasilnya mangga mudanya jadi nggak asem banget..tapi seger aja dan enak banget. Jadi dech sepiring nasi habis..hihi..untung udah nggak diet lagi..^^
Sambel Pencit ( mangga muda ) ala DD

Bahan :
1/2 buah mangga muda harum manis, iris tipis kecil2 / korek api
8 buah cabe rawit merah ( sesuai selera )
1 sendok teh terasi, bakar
1 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam ( di kira2 / sesuaikan selera aja )
1 sendok makan gula pasir ( sesuaikan selera aja ya..bisa di kurang atau di tambahin sesuai selera )
Minyak panas 1 sendok makan

Cara Membuat :
Ulek cabe dan bawang serta terasi dan garam, masukkan minyak panas secukupnya agar tidak langu sambalnya. Masukkan gula pasir, ulek agar larut, lalau masukkan mangga muda sambil sedikit di bejek , aduk rata. Cicipin rasanya..sampai perbandingan garam dan gulanya pas. Sajikan dengan ikan bakar atau goreng.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts