Laporkan Penyalahgunaan

Resep Doclang Khas Bogor


Doclang..mungkin buat sebagian orang masih asing ya dengan nama masakan khas Bogor ini..termasuk aku..hihi. Aku tau doclang...ya gara2 pengen masak sesuatu yang menggunakan jeruk limau..iseng browsing nemu doclang ini. Hemm..karena tertarik gimana rasanya..maka aku bikin doclang ini..soalnya bahan2nya ada semua di dapur..dan yang jelas..pakai jeruk limau ..hihi..soalnya  jeruk limau udah pada tua2 nich..sayang aja..kalau berjatuhan nggak kepake..buah jeruk limau di pohon belakang rumah. Akhirnya menunya ya seputar salad Indonesia..kayak doclang ini ..hihi.

Doclang ini..dari yang aku baca dari berbagai sumber di internet..adalah menu sarapan khas Bogor awalnya..walaupun sekarang katanya sampai malam hari pun tetep ada yang jual..salah satunya yang terkenal..katanya nich..Doclang Pak Amir di Bogor sana..hihi..tapi aku belum pernah nyicip..jadi daripada jauh2 ke Bogor..lebih baik bikin sendiri di rumah..dan bisa nyicip dech sepiring doclang yang enak. Beneran kok..enak..kuah kacangnya seger..karena di kucuri jeruk limau..rasanya mirip2 gado2 sich kuahnya..cuma ini lebih seger karena di buat dadak..nggak di masak dulu kayak gado2. Bahan2 isinya juga minimalis saja. Katanya yang terkenal khas Bogor adalah kupat / lontong khasnya yang di sebut pesor..katanya juga di bungkus dengan daun patat..sehingga citarasa dan aroma kupatnya jadi beda..Daun patat itu apa..aku juga belum tau..hihi..soalnya di tempatku belum pernah denger daun patat. Mungkin ada yang dari Bogor teman2?..Bisa menjelaskan apa itu daun patat..jika ada aku sangat berterimakasih. Jadi..karena tidak ada pesor..ya aku pakai lontong biasa aja..rasanya tetep enak kok..hihi.

Nah..jika penasaran sama doclang..yukk buat sendiri di rumah teman2..ini resepnya ..dengan berpegang dari berbagai resep doclang yang beredar di internet..bumbu2 yang ku gunakan sama seperti aslinya..cuma jumlahnya aku sesuaikan dengan seleraku sendiri..selamat mencoba. Buat yang udah pernah nyicip doclang..silahkan di koreksi ya teman2 jika ada yang kurang resepnya..^_^....
Doclang Khas Bogor

Bahan :
2 buah kupat / lontong, potong2 ( kalau di Bogor: pesor )
2 buah telur rebus, potong masing2 jadi 4 bagian ( Ada juga yang pakai taoge..tapi di Pak Amir yang terkenal..katanya taoge di ganti telur rebus..jadi..aku ngikut yang Pak Amir aja...biar lebih enak dan bergizi juga..hihi )
1 buah tahu kuning goreng, potong kecil2
Daun selada 5 lembar
Kecap secukupnya
Kerupuk secukupnya

Bumbu kuah kacang, haluskan dan campur dengan air panas secukupnya  :
Kacang tanah sangrai / goreng 100 gram, haluskan

4 buah cabai merah keriting dan 3 buah cabai rawit, goreng
2 bawang putih, goreng
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Jeruk limau 1 buah, peras airnya

Cara Membuat :
Haluskan cabai dan bawang putih dengan garam, masukkan kacang halus, gula dan air panas.
Aduk rata, beri kecap sesuai selera dan terakhir kucuri dengan jeruk limau
Tata daun selada, kentang , telur dan tahu di piring, tuangi kuah kacang. Sajikan dengan kerupuk.
Sepiring doclang yang yummy..siap di nikmati.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts