Laporkan Penyalahgunaan

Putu Ayu Gula Merah



Lama nggak buat putu ayu gula merah. Tadi iseng liat bahan2 kue masih banyak di dapur, mau buat cake atau sejenisnya takut ndak ada yang makan..ya udah iseng buat putu ayu aja..mumpung tadi ke pasar beli kelapa parut panjang..buat urap. Kalau putu ayu gini kan nggak pakai banyak telur..jadi lebih sehat..dan gulanya juga pakai gula merah..jadi suami masih mau dech kalau kue begini.

Dulu sering bikin putu ayu gula merah ini..nah biar semangat buatnya aku ganti resep dari yang biasa aku bikin. Aku iseng aja tambahin tepung ketan putih di tepungnya..wah ternyata malah enak..tambah lembut dan menul2..beda sama tepung beras yang tekturenya jadi padat. Sipp dech..nemu ide baru kalau buat putu ayu. Aku bagi ke Budeh sayur langgananku ..komentarnya enak dan memang lebih lembut. Oke..di catet dech resepnya di sini biar nggak lupa lagi ntar kalau mau buat.

Oh ya cetakannya aku pakai cetakan baru nich..cetakan mur mer sich di TBK banyak...tapi hasilnya kok jadi bagus kalau di buat putu ayu..cuma memang harus telaten ngoles minyaknya..supaya rata sampai ke bagian lekuk2 bunganya...biar putu ayunya mudah di keluarkan ketika matang.  Dan juga karena cetakannya kecil2..hasilnya jadi banyak..hihi..padahal cuma pakai 100 gram terigu dan 50 gram tepung ketan. Jadi lumayan irit nich teman2....bahan2nya..selamat mencoba ya..jika suka..^_^
Putu Ayu Gula Merah

Bahan :
2 butir telur
100 gram terigu protein rendah / sedang
50 gram tepung ketan
150 gram gula merah
1 sendok makan gula pasir
175 ml santan matang yang sudah dingin
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh SP
Kelapa parut panjang 100 gram , kukus sebentar dan di beri sedikit garam

Cara Membuat :
Campur tepung ketan dan teung terigu, lalu ayak rata.Olesi cetakan putu ayu dengan minyak, lalu letakkan kelapa parut kasar di dasar cetakan, padatkan.
Kocok telur , SP dan gula merah  serta gula pasir sampai kental dan mengembang.Masukkan garam, kocok rata lagi.
Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan santan, aduk rata perlahan.
Masukkan ke cetakan putu ayu, lalu kukus selama 20 menit.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts