Laporkan Penyalahgunaan

Mie Kopyok Semarang



Semangkuk Mie Kopyok ..seger di nikmati siang2 yang panas..^_^. Mie Kopyok ini adalah salah satu olahan mie khas Semarang..mungkin di Bandung juga ada ya yang sejenis mie kopyok ini..tapi pasti berbeda dengan mie kopyok ala Semarangan ini. Mie Kopyok Semarang ini ada yang nyebut juga mie kere..hihi. Mungkin karena mie ini sangat sederhana..tanpa tambahan daging ataupun kaldu di kuahnya..jadi benar2 minimalis..cuma air..garam..penyedap dan kecap aja kuahnya. 

Di Semarang..ada salah satu warung mie kopyok yang terkenal..yaitu warung mie kopyok Pah Duwur..di Jl Tanjung Semarang. Sudah lama sich suami ku cerita soal mie kocok yang konon katanya enak iini. Cuma..mau coba kok nggak pernah kesampaian..soalnya..kalau turun gunung..ya pilih ke resto2 atau makan makanan lain yang lebih enak..hihi. Nah..tadi ceritanya..pas belanja ke tukang sayur..nggak dapat apa2..cuma ada tahu pong./.tauge..dan lontong. Masak mau di bikin lontong tahu..kan kurang cocok ya tahu pong ini. Sampai akhirnya Budhe tukang sayur langgananku nyaranin untuk di buat mie kopyok aja..seger katanya. Dan kebteulan bahan2nya ada semua. Akhirnya aku coba juga tadi..berdasar resep yang di kasih Budhe sayur..yang katanya sering bikin mie kopyok ini di rumah. Bumbu2nya minimalis banget dan cara buatnya sangat gampang sekali ternyata......dan..rasanya..seger lho..memang..serasa makan bakso kampung ala Yogya..tapi minus bakso..hihi..karena di Yogya..bakso kampung gitu ya pakai tahu pong goreng gini.

Ini dia resep mie kopyok ala aku ya teman2..berdasarkan resep arahan dari Budhe tukang sayur langgananku. Katanya..pokoknya..bawang putihnya yang banyak Bu..terus di kasih kecap..jadi rasanya..gurih..sedikit manis..seger..oke..oke..makasih ya Budhe..masukannya..memang kok..dapat ide resep itu bisa dari mana aja..seruu...dari abang2 jualan..dari Budhe sayur..dll...^_^..dan ini dia mi kopyok buatanku..lumayan menggiurkan nggak teman2 ?..hihi..ini resep yang super murah meriah lho..selamat mencoba ya jika penasaran dengan mie kopyok ala Semarang..^_^

Mie Kopyok 
( untuk 2 porsi )

Bahan :
100 gram mie kering,  rebus sampai matang
Lontong 1 - 2 buah, potong2
Tahu pong 2 buah , iris tipis
Segenggam taoge panjang, rendam air panas sebentar, tiriskan
2  siung bawang putih, geprek, lalu cincang halus
1 batang sledri, cincang halus
Bawang goreng secukupnya
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan kecap manis
Sedikit penyedap rasa ( ex miwon..ini optional..boleh pake..boleh tidak..ini cuma aku sebutin karena kata budhe tukang sayur..emang pada pakai penyedap kalau yang di jual2 gitu..^^ )
Air 500 ml
Sambal cabai rebus secukupnya
Kerupuk nasi / gendar secukupnya

Cara Membuat :
Masak air,  bawang putih cincang sampai mendidih, masukkan garam dan bumbu2 lain.Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu meresap.
Tata di mangkuk : mie, lontong, tahu pong, taoge, sledri, bawang goreng, tuangi kuah panas. Sajikan dengan kerupuk gendar yang di remuk dan sambal cabe rebus.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts