Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Tahu Gimbal Udang




Lontong tahu gimbal ala Kudus...ini beda versi ya sama tahu gimbal Semarang. Kalau tahu gimbal Semarang bumbunya pakai petis..kalau ini nggak, bumbunya mirip bumbu kupat tahu Magelang..yang pakai kacang dan berkuah encer segar. 

Pengennya sich bikin lontong tahu gimbal ala Kudus gitu..cuma cari2 resep kok nggak nemu ya..gara2 pas ke Kudus beberapa waktu lalau penasaran pengen nyicip lotong tahu gimbalnya..tapi waktu itu udah kenyang makan soto..jadi belum sempat terlaksana. Akhirnya ya di kira2 sendiri aja..kayaknya sich kayak tahu kupat biasa bumbunya..cuma di tambahin gimbal udang..dan pakainya lontong...jadi dech...lontong tahu gimbal. Buat teman2 yag dari Kudus..jika tau menu ini..tolong di koreksi ya..udah mirip belum ya resepnya..hihi. Tapi yang jelas..rasanya enak..seger...ya kayak tahu kupat Magelang gitu..cuma pakai lontong..jadi lebih lembut..dan lebih enak lagi..karena ada gimbal udang yang gurih...cocok banget dech di padu kuah kacang yang seger.
Lontong Tahu Gimbal Udang
( Untuk 2 porsi )

Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras / sagu 20 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 1 siung
Ketumbar sdkt saja
Bumbu kaldu ayam..1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Air 100 - 150 ml ( secukupnya )
Aduk adonan gimbal dengan bumbu halus dan air, goreng dgn cara di tipiskan di wajan sampai kering. Sisihkan

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong, potong2
4 buah tahu putih, goreng, potong kotak
3 lembar kol, iris halus
50 gram taoge panjang, rendam air panas
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu Kacang :
3 buah cabai rawit  merah
50 gram kacang tanah goreng, ulek kasar
2 buah bawang putih
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Kecap manis 4 sendok makan ( secukupnya )
Air matang panas secukupnya

Cara Membuat :
Ulek cabai rawit, bawang putih, daun jeruk dan garam
Beri kacang tanah dan gula merah, serta kecap , dan air panas. 
Aduk rata.
Tata lontong, kol, taoge, tahu putih, daun sledri dan bawang goreng serta gimbal udang yang sudah di iris2 di piring saji. Tuangi kuah kacang.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts