Laporkan Penyalahgunaan

Kurma Coklat


Kemaren suami lembur..sampai malam..ternyata ada tamu dari negara Aljazair, salah satu negara yang kaya minyak..^_^.  Selain di kantor suami memang aktif membantu  di Kadin ( kamar dagang ) Jateng. Kemaren ada tamu dari Kadin dan pejabat pemerintahan Aljazair yang mengadakan kunjungan dan kerjasama dengan Kadin Jateng. Eh..pulangnya alhamdulillah dapat oleh2 kurma. Katanya sich ini the best kurma dari negara Aljahair dan sudah biasa di ekpor ke Eropa. Aku sebenernya nggak terlalu suka kurma sich..doyan dikit2..tapi nggak sampe suka banget gitu...tapi pas nyicip memang enak rasanya..empuk..lembut...nggak terlalu manis..rasa manisnya alami dari buahnya..beda banget sama kurma yang di jual di sini.

Yodha juga nurunin aku kayaknya..nggak suka kurma..jadi biar mau makan kurma aku akalin aja..jadi kurma coklat..hihi..itu lho kayak oleh2 haji itu lho teman2...yang biasa di bungkus satuan. Buah kurma di hilangkan bijinya..terus di isi kacang mede..lalu di celup coklat leleh. Aku lagi nggak punya kacang mede tadi..jadi aku isi selai nanas aja..yang aku pulung terus kumasukin ke dalam buah kurmanya. Enak juga .


Kurma ini sebenernya bagus banget ya gizinya teman2..asal kurma yang asli kayak gini ya..hihi..bukan  yang kurma super manis yang udah di kasih gula gitu. Cuma harganya lumayan mahal katanya sich kalau yang kurma kualitas terbaik gini..jadi siapa mau impor kurma premium..hihi..banyak lho..stocknya dari Aljazair. Walau yang suka kurma di rumah cuma suami..paling tidak pernah nyicipin kurma terbaik..dan semoga saja Yodha mau makan kurma setelah di lapisi coklat..^_^

Karena penasaran aku browsing tentang kurma , dan ternyata kurma yang di bawa suami ini termasuk jenis kurma Barhi atau Kholas..karena ciri2nya sesuai sich dengan keterangan aneka jenis kurma sebagai berikut :

Kurma Barhi
Kurma ini bentuknya hampir silinder, berwarna kuning sawo terang, dan ketika matang akan berwarna coklat ketuaan. Kurma Barhi memiliki tekstur yang lembut dengan daging yang tebal dan rasanya sedikit seperti caramel.
Kurma Kholas
Kurma ini berwarna cokelat terang. Bentuk kurma ini mirip dengan kurma barhi. Kurma Kholas ini terkenal di Arab Saudi karena memiliki tekstur yang empuk dan rasanya tidak terlalu manis. Kurma ini terkenal dari daerah 'Huffuf' (Al-Ahsa) dan 'Qatif' di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah).



Resep Kurma Coklat

Bahan :
Kurma 500 gram
Coklat masak pekat 250 gram
Kacang mede panggang atau selai nanas untuk isian

Cara Membuat :
Keluarkan isi kurma, lalu isi dengan kacang mede atau selai nanas yang di pulung kecil.
Potong coklat masak kecil2 , lalu di tim di dua panci. Panci pertama berisi air, panci kedua di letakkan di atas panci pertama, lalu letakkan coklat yang sudah di potong2. Lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil hingga meleleh. Celup kurma ke coklat leleh. Biarkan mengeras..sajikan.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts