Laporkan Penyalahgunaan

Empal Gepuk


Masak apa hari ini teman2..?..Pasti masih yang berdaging2 ya..nah..aku mau kasih ide untuk memasak daging nich..yang mudah dan enak..yaitu Empal Gepuk, masakan daging khas Bandung. Sesuai namanya..ini adalah sejenis empal..namun yang jadi ciri khasnya adalah proses pembuatannya yang di gepuk...atau di pukul2 hingga daging memar, tapi tidak hancur setelah daging di rebus. Kemudian daging yang sudah di gepuk itu di ungkep lagi dengan bumbu2 sampai bumbu merasuk dan kemudian di goreng sebentar di minyak panas.

Beda empal gepuk dengan empal  biasa..adalah bumbu2nya yang benar2 merasuk..karena dagingnya sudah di gepuk..atau di pipihkan itu tadi. Dagingnya juga semakin empuk dan enak. Bumbu2 yang di pakai standar aja sich bumbu2 empal..namun di tambah santan agar semakin gurih. Selamat mencoba ^_^
Empal Gepuk

Bahan-bahan :
500 gram daging sapi
1.500 ml air
2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
3 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sendok makan air asam jawa

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
75 gram gula merah
1/2 sendok makan garam / sesuai selera

Cara Membuat :
Rebus daging, sedikit garam dan air sampai  matang. Angkat dan potong searah serat. Memarkan. Ukur 700 ml kaldunya. Sisihkan. Tumis bumbu halus hingga matang.
Masak daging bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas, kaldu daging, dan santan sampai mendidih.
Masukkan air asam jawa. Rebus sampai daging empuk dan meresap dengan api kecil. Goreng sebentar saja dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kecokelatan.
Sajikan dengan sambal



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts