Laporkan Penyalahgunaan

Crepe Coklat


Crepe..sama aja kayak dadar gulung kayaknya ya..cuma kalau crepe ini..cairannya memakai susu..sedangkan kalau dadar gulung..selain pakai susu, kadang bisa juga pakai santan. Crepe..itu pada dasarnya pancake..tapi yang lebih tipis dan tidak mengembang. Kalau dadar gulung tradisional..kita biasanya di buat berlubang2 kulitnya..kalau crepe ini halus dan rata permukaan kulitnya.

Crepe bisa di isi macam2..bisa vla..coklat..pisang..dll..sesuai selera. atau di sajikan dengan saus jeruk..ada juga..yaitu crepe Suzette...yang terkenal dari Perancis. Crepe ini di sajikan dengan saus jeruk..kemudian di panaskan lagi..di siram sedikit alkohol..sehingga menimbulkan nyala api..dan itulah yang di sebut flambe. Cita rasa alkohol yang di bakar ini..katanya bisa menambah citarasa tersendiri pada crepenya..tapi ya katanya sich..aku belum pernah coba kalau pakai alkohol..kalau bikin crepenya sich sering..^^

Kali ini aku bikin crepe coklat..isi pisang aja..yang jelas2 di sukai suami..soalnya..kalau isi vla atau lain..malah kurang suka suami. Buat aku dan Yodha...di makan pakai es krim..enak juga..crepenya. Bisa juga di isi vla buah jika suka teman2..atau durian..mungkin..jika suka..pokoknya isi crepe ini sesuai selera aja..atau tanpa isian..terus di masak lagi dengan sasu jeruk..jadi dech crepe Suzette. Oke.ini dia resep basic crepe nya ya..jika nggak mau rasa coklat..tinggal di hilangkan coklat pastanya.Aku sertakan step by step dan cara menggulungnya juga ya..memenuhi janjiku pada mba Intan..aslinya sich crepe nggak di gulung ya..cuma di lipat 4 jadi  bentuk segitiga. Biar seru crepenya aku motif totol totol juga..^_^ 
Selamat mencoba.
Resep Dasar Crepe Coklat

Bahan :
125 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
1 butir telur, kocok lepas
350 ml susu cair
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan margarin,cairkan
1 sendok teh coklat pasta ( jika tidak ada ganti coklat bubuk sesuai selera, tapi gula sedikit di tambah )

Cara Membuat :
Kocok lepas telur, masukkan campuran terigu. Aduk  rata dengan whisker dan tuangi susu cair sedikit demia sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata. Lalu masukkan margarin cair, aduk rata lagi. Ambil sedikit adonan putih dan masukkan ke dalam kantong segitiga untuk motif totolnya. Sisa adonan di tambah pasta coklat lalu aduk rata. Siap di dadar adonannya. Cara membuat dadar motif..liat foto di bawahnya ya. Sajikan crepe dengan saus atau isian sesuai selera.
  • Buat motif totol di pan anti lengket, tunggu hingga menempel set dulu di pan..baru di tuang adonan coklat ( foto kedua )











Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts