Laporkan Penyalahgunaan

Babat Iso Goreng


Babat iso goreng..di Jawa..sering kita temui di warung2 makan yang menyediakan masakan Jawa. Kalau di Semarang..di warung yang jual gudeg Semarangan atau warung pecel..pasti ada lauk babat iso goreng ini. Semarang emang banyak olahan babat iso, di antaranya babat gongso dan nasi goreng babat yang sudah terkenal sebagai icon kuliner Semarang. Rasa babat iso yang enak..unik dan khas..membuat babat iso ini banyak di sukai. Sebelum di goreng babat iso ini di ungkep terlebih dahulu dengan bumbu2 dan di masak sampai empuk..itulah mengapa..kadang aku lebih suka beli matang babat iso gini..praktis..karena merebusnya lama . tapi..kadang2 kalau beli..suka kurang sesuai rasanya..kadang ada yang tawar nggak berbumbu..ada juga yang asin..jadi..kalau mau lebih mantap rasanya..ya harus bikin sendiri.
Jadi..sesekali masak babat iso ini..sendiri biar lebih sesuai selera rasanya. Masaknya sekalian di campur aja..jadi hemat gas..jika masih sisa..bisa di buat campuran nasi goreng..babat iso gongso , campuran soto Betawi..soto Madura..dll..jadi udah empuk dan gurih rasanya. 
Tips memasak babat iso..harus di blansir dulu ya..biar nggak bau dan steril. Di blansir adalah tehnik merebus pertama daging atau jerohan yang berlemak gini untuk menghilangkan lemak pertama jika untuk daging    terlalu berlemak seperti daging iga, buntut, dll. Dan juga untuk menghilangkan bau seperti pada babat iso ini. Di blansir..sekalian di kasih bumbu rempah2..jadi amisnya hilang..dan babat iso..siap untuk di masak sesuai selera.
Selamat mencoba..! Resep babat iso goreng ala aku ...^_^
Bahan-bahan:
250 gram babat sapi, dicuci bersih
250  gram usus sapi
2 lembar daun salam
4 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok teh air asam
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
750 ml air kelapa
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah 

3 siung bawang putih 
4 butir kemiri
2 cm kunyit
1  sendok teh ketumbar
Cara membuat:
Rebus babat sapi, usus sapi, paru sapi, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, dan 1 sendok teh garam dalam 1.000 ml air sampai matang. Buang airnya. Angkat. Potong-potong.
Aduk rata bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, dan air kelapa. Masukkan jeroan. Masak sampai bumbu meresap dan empuk.
Goreng jeroan sebentar saja di minyak panas.
Sajikan dengan sambal sesuai selera



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts