Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Pejantan


Sering dalam resep2 masakan ayam..aku lebih sering pakai ayam pejantan daripada ayam broiler biasa. Maunya sich ayam kampung tulen gitu..tapi kok mahal bener..hihi..jadi di ganti aja ke grade di bawahnya..yakni ayam pejantan ini. Nah..jadi dech pengen nulis tentang ayam pejantan ini.Cari info sana sini..intinya..ayam ini memang lebih baik daripada ayam pedaging biasa. Dulu aku taunya sich..biar enak aja..karena rasanya mirip2 ayam kampung. Jadi nambah ilmu dech..aku share di sini aja ya..semoga bermanfaat juga buat teman2.

Nah...apa itu ayam penjantan..?..Yaitu ayam jantan jodohnya ayam petelur..hihi. Ayam pejantan ini fisiknya mirip dengan ayam kampung... kakinya panjang, bentuk badan ramping, tapi berumur lebih lama dari ayam petelur.Ayam pejantan..ternyata rendah lemak dan kolesterol lho teman2..di banding dengan ayam broiler..dan rasanya pun lebih enak. Rasa dan tekture ayam pejantan ini memang mirip ayam kampung. Dagingnya tipis dan tidak berlemak..dan jika di masak juga ada tekture liat seperti ayam kampung, tapi nggak seliat dan sekeras ayam kampung sich..karena ayam kampung kan olahraga terus ya...di biarin jalan2 dan lari2 ke sana kemari..cari makan sendiri..jadi sehat..dan liat dagingnya..hihi..*abaikan yang ini..nggak akurat ya teman2..hihi..*  

Karena tekturenya mirip dengan ayam kampung, sehingga ayam pejantan ini juga banyak di gunakan di resto2 sebagai pengganti ayam kampung. Kelebihan ayam pejantan dengan ayam kampung ada tidak ?..ada juga lho ternyata..jika untuk usaha..ayam pejantan ini lebih mengguntungkan...karena harganya lebih miring daripada ayam kampung..tapi rasa sama enak.Ukuran ayam pejantan ini juga bisa seragam..jadi lebih enak untuk penghitungan harga jual dan tampilan suatu masakan.Selain itu ketersediaan ayam pejantan ini juga lebih banyak di banding ayam kampung..karena bisa di ternakkan secara massal..jadi mungkin itu yang mebuat harganya jadi lebih murah ya. jadi..jangan tertipu jug aya teman2..kadang2 ada juga ayam pejantan yang agak ndut dikit gitu di palsukan jadi ayam kampung. Apa sich beda ayam jantan dan kampung secara kasat mata?..Kalau menurut aku sich..ayam kampung lebih gagah..( what ?.. bahasanya..hihi )..maksudnya tuch..biarpun langsing tapi lebih besar dan kuat gitu di pegang dagingnya. Kalau ayam pejantan ini biasanya ramping2 dan kurus2. Warna daging juga kalau ayam pejantan ini lebih putih..kalau ayam kampung agak kekuningan..itu sich dari yang sering aku amati di tukang ayam langgananku di pasar. Kalau belinya masih hidup dan belum di kuliti sich..lebih mudah lagi..cirinya. Kalau ayam pejantan ini warnanya sama..krem putih gt semua..tapi kalau ayam kampung warna warni ya bulunya..ada coklat abu2..dll. Jadi jelas nampak sekali bedanya..kalau masih hidup.

Jadi..jika ingin makan ayam yang lebih sehat dan enak..tapi tidak terlalu mahal..memang..ayam pejantan inilah pilihan yang tepat teman2. Cuma..memag kalau beli ayam pejantan ini..harus satu ekor ya..nggak boleh sepotong2..kayak ayam broiler..hihi. Tapi nggak masalah..kalau keluarga kecil kayak aku..di ungkep aja sekalian..bisa buat dua kali makan. Atau ada yang mau usaha ayam goreng atau bakar..dengan memakai ayam pejantan..bisa lebih menarik lho..karena penampilannya setelah di goreng..memang mirip dengan ayam kampung. Selamat memasak ayam.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts