Laporkan Penyalahgunaan

Tempe Semangit Yang Eksotis Rasanya..^_^



Dalam banyak masakan yang udah aku posting di blog ini..banyak yang menggunakan bahan tempe semangit. Buat teman2 yang dari Jawa..tentu sudah faham bener ya..apa itu tempe semangit. Namun buat teman2 yang dari luar Jawa mungkin masih belum tau..seperti apa itu tempe semangit..baiklah..aku posting aja ya..tentang tempe eksotik ini..hihi. Mba Dina..yang belum tau tempe semnagit itu kayak apa..ini dia ya penampakannya. Cerita soal tempe semangit ini..aku jadi ingat cerita temenku yang tinggal di Belanda, dan suaminya orang sana. Dia suka nyimpan tempe di kulkas..dan di lama lain gitu biar jadi tempe semangit..eh suaminya yang orang Belanda bersih2 kulkas..terus semua tempe semangitnya di buang..hihi..jadilah temenku ngamuk2 ke suaminya, karena *bahan berharganya* di buang..hihi..nggak tau ya, kalau tempe semakin di simpan lama..semakin enak..^^..lha suaminya kan mikir..tempe udah bau kok masih di simpan di kulkas..hihi.

Tempe Semangit adalah tempe yang udah lewat masa fermentasinya..atau istilah Jawanya tempe *kedalon*..atau kematengan..udah lewat beberapa hari dari masa seharusnya di konsumsi. Ciri tempe yang sudah menjadi semangit adalah warnanya agak kecoklatan dan aromanya khas. Setelah semangit..atau di Jawa di kenal dengan *tempe bosok*..hihi...maaf..bukan nggak sopan.. tapi memang seperti itulah di Jawa di sebut ya teman2..namanya..^_^. Di Jawa..banyak olahan yang memakai tempe semangit..bahkan tempe yang udah lebih dari semangit, seperti masakan tahu jenggot, gembrot dll..masakan masakan eksotis lain..hihi. Nanti kapan2 aku posting yach resepnya. Kalau aku sebagai orang Jawa sejati..masih bisa kok nerima cita rasa tempe semangit ini, kadang juga juga yang udah lebih dari semangit, aromanya..wah..buat yang suka, ya..itu tadi..eksotik..tapi buat yang nggak suka..tutup hidung kali ya...hihi.

Jadi buat yang mau coba2 resep yang ada tempe semangitnya..jika belum pernah..cobain dulu yang masih agak semangit kayak gini..jadi aromanya nggak begitu tajam..tempe kayak gini..baru lewat sehari atau dua hari dari proses fermentasinya. Tempe semangit yang kayak gini..cocok buat bikin sambal tumpang..atau di oseng..tapi kalau aku sich..untuk sambel tumpang, tetep ku campurin yang udah semangit banget..biar aromanya...tambah nendang gitu..hihi. Kalau yang foto pertama..itu udah lewat 3 hari jadi warnanya udah kecoklatan dan lebih lembek.Tips memakai tempe semangit di masakan..lebih baik bikin sendiri tempe semangit di rumah..jadi kita tahu..bahwa tempe tersebut sebelumnya..tempe segar..yang memang kita niatkan untuk di jadikan tempe semangit. Kalau beli ..kadang kita nggak tahu..aslinya tempe sebelumnya..karena..ada juga tempe yang sebenernya nggak jadi ( gagal di proses fermentasinya )..terus di jual dalam keadaan jadi tempe semangit..nah..tempe semangit dari tempe yang gagal ini yang berbeda ya..rasanya.Kalau kita bikin sendiri..dari tempe segar..seperti ini nich..hasilnya..^^


Aman tidak tempe semangit??..Aman2 aja kok..dari kecil aku sering makan..dan tidak masalah sampai  udah tua gini..hihi..asal..jangan sampai yang sudah terlalu lembek atau berair ya..itu udah bener2 tajem aromanya..buat yang nggak biasa..ntar malah jadi nggak mau makan tempe lagi..hihi. Apakah tempe semangit nggak mengganggu aroma atau citarasa masakan??..Jawabannya nggak sama sekali..malah tambah sedep je..kalau pakai tempe semangit..hihi..soalnya..kalau udah di masak aja..ya udah..menyatu aja gitu..di masakan dan bumbu2..menciptakan suatu kolaborasi rasa yang unik..eksotis..ndeso....hihi..* bahasanya sungguh lebay ya ..hihi..*..wis..pokoknya buat lidah  Jawa kayak aku..sayur lodeh, oseng2..dll..terasa *cemplang*..atau hambar gitu istilahnya..tanpa kehadiran secuil tempe semangit ini..

Jadi..buat teman2..yang belum pernah coba tempe semangit..cobalah..enak lho..cara buat tempe semangit sendiri..beli aja tempe jadi kayak biasa..terur biarkan aja di dapur..selama 2 atau 3 hari berikutnya..nanti jadi sendiri kok ..tempe semangitnya. Selamat mencoba..^^

Beberapa contoh menu yang pakai tempe semangit di Jawa :
  • Oseng Kacang Panjang dan Tempe Semangit, rasanya makin enak dan sedepp..kalau pakai campuran tempe semangit...^_^
  • Sambal Jenggot, yang ini malah pakai yang tempe semangit yang udah lebih dari semagit...^^ Sambal jenggot terbuat dari kelapa setengah muda dan tua ( kelap tanggung..hihi ), di parut panjang, cabai rawit atau merah, bawang putih, dan tempe semangit yang kayak di foto pertama, terus di kukus sampai matang. Lalu di ulek, di beri garam dan sedikit gula. Yummy..paling enak buat makan sama sayur bobor bayam dan pepaya muda..^_^..
  • Sayur Lodeh..kurang nendang rasanya..kalau enggak ada tempe semangitnya... kalau buat orang Jawa..^_^
  • Nah..kalau ini..jawaranya masakan yang terbuat dari tempe semangit..hihi..yaitu sambal tumpang. Karena..bahan utamanya ya tempe semangit. Sambal tumpang ini biasanya di sajikan dengan sayuran rebus atau bubur..atau nasi putih aja..enakkk nyo...hihi..rasanya..*Nyamleng sekali..gitu dech..kalau orang Jawa bilang..^_^...


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts