Laporkan Penyalahgunaan

Soto Kudus


Sudah beberapa kali aku mencoba resep Soto Kudus..cuma belum mantap dan seperti aslinya di Kudus. Setelah beberapa waktu  lalu mencicipi rasa aslinya di Kudus..jadi punya bayangan dech sekarang..rasa Soto Kudus yanga asli itu seperti apa. Soalnya..kalau beli Soto Kudus di Semarang ini kok macam2 versinya..ada yang kuah bening..ada yang lamayan kental..ada yang malah beda lagi rasanya. Dan ternyat..analisa ku benar..bahwa soto Kudus ini aslinya..bukan versi soto yang kuahnya bening dan bumbunya minimalis..namun berkuah kekuningan dan agak kental..dan kaya rasa dan bumbu..itu sich..yang aku cicip dari warung soto yang terkenal di Kudus..Bu jatmi. Dan katanya..salah satu hal yang membuat soto Kudus di Kudus asalnya dan di daerah lain berbeda adalah kecapnya. Di Kudus..kecap yang di gunakan untuk soto adalah kecap lokal merk Kudus yaitu merk THG. Baiklah..demi mencari resep soto  Kudus yang bisa mirip aslinya..akhirnya aku boyong 2 botol kecap THG dari Kudus ke rumah..hihi.

Dan akhirnya kemaren aku coba..resep soto Kudus yang memakai bumbu komplet..dan hasilnya..sudah mirip sich...apalagi pakai kecapTHG..wis, lumayan lah..mantab..hihi..cuma..memang aku nggak pakai ayam kampung..cuma ayam pejantan..jadi ya..tetep..lebih gurih lagi kalau pakai kaldu dan daging ayam kampung ya. Tapi paling tidak kan udah mirip..dan tidak penasaran lagi dengan resep asli soto Kudus itu yang versi mana..hihi. Aku juga pernah baca sich di tabloid info kuliner..ada liputan tentang pengusaha soto Kudus ini..yang selalu di sisipi resep2 aslinya..dan aku ingat dulu memang komplet bumbunya. Tapi..ku cari2 kok nggak ketemu tabloidnya..jadi aku browsing aja yang kira2 pakai bumbu komplit resepnya..jadi tau apa aja bumbunya..terus..aku  racik aja sendiri ku sesuaikan dengan selera ku komposisi bumbu2nya.
Soto Kudus 

Bahan :
1/2 ekor ayam penjantan, rebus dengan 1.5  l air dengan api kecil hingga keluar kaldu beningnya.Angkat ayamnya, suwir2 sesuai kebutuhan.
1 batang sereh
2 daun jeruk purut
2 cm lengkuas
1 cm kayumanis
Garam , kaldu bubuk, dan  gula pasir sesuai selera
Kecap sesuai selera

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran
1/8 butir pala
1 cm jahe
1 cm kunyit


Pelengkap secukupnya :
Taoge, rendam air panas sebentar.
Bawang putih goreng
Kucai, daun sledri dan daun bawang, iris halus
Sambal, kecap, jeruk nipis
Perkedel, tempe goreng, sate kerang
Sate jerohan ayam dll sesuai selera

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan kaldu ayam dan semua bumbu lain.
Masak hingga bumbu meresap.Koreksi rasa.
Tata nasi, taoge, ayam suwir, dll pelengkap soto di mangkuk..tuangi kuah dan sajikan dengan aneka pelengkap.sesuai selera. Nyamm..nyam..soto Kudus yang hangat siap tersaji..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts