Laporkan Penyalahgunaan

Sirup Belimbing Wuluh



Sirup Belimbing Wuluh??..Hemm..pasti belum pada pernah nyoba ya teman2..hihi. Aku juga baru kemaren nyoba..bikin sendiri. Seperti biasa..memanfaatkan apa yang ada di pekarangan. Pohon belimbing wuluhku..kalau lagi berbuah ..banyak sekali buahnya..sampai kadang pada jatuh2..berserakan. Sebenernya udah ku persilahkan buat tetangga atau orang lewat yang mau silahkan ambil..cuma karena di dalam pagar..jadi pada sungkan juga ngambilnya..akhirnya lebih sering mubazir dech kalau pas panen belimbing wuluh. Kalau aku walupun sering masak asem2..dll..tapi kan tetep..paling cuma sedikit aja pakainya. Makanya kemaren mikir..di bikin apa gitu ya..biar bisa memanfaatkan belimbing wuluh ini. Aku ingat sich..belimbing wuluh ini enak di buat manisan..pernah liat di toko oleh2 gitu..cuma..aku dan suami kurang suka manisan. Jadi aku berpikir..kalau di buat manisan enak..berarti di buat sirup juga enak dong..! Apalagi aku juga ingat dulu suami sempat cerita.pas bertamu di rumah temannya..di kasih suguhan minuman dari belimbing wuluh buatan istrinya temannya..yang katanya enak dan seger. Aku jadi penasaran..akhirnya kemaren acoba bikin sendiri juga sirup belimbing wuluh ini..dan..memang enak dan seger ..sirupnya..^^

Akhirnya..pagi2 aku ambil sedikit dulu buat uji coba..dan aku timbang sich sekilo kurang..ya udah dikit aja dulu..kalau enak..ntar bikin lagi ya banyak. Akhirnya aku ambil sari buah belimbing wuluhnya..dan aku rebus pakai gula sampai mendidih. Abis itu aku coba..aku ambil beberapa sendok sirupnya ku tambahin air hangat...wah..ternyata enak lho..seger banget gitu rasanya...asem manis..seger..nggak asem banget kayak kalau buat sayur..ya iyalah ..kan di jadiin sirup ya..hihi. Tapi aku juga nggak banyak2 lho..kasih gulanya..jadi cuma sekitar 250 gram saja..udah manis kok.

Ketika suamiku pulang sore hari..aku suruh coba sirupnya..dan ternyata..sama..suamiku juga suka..enak dan seger katanya. Wah..asyik..jadi punya resep untuk memanfaatkan belimbing wuluh yang melimpah nich sekarang. Akhirnya sirup yang aku buat kemaren ..udah habis ..karen asuamiku suka minuman yang asem2 seger gini emang,...jadi nanti bisa bikin lagi dech. Daripada beli sirup dari pabrik yang nggak tau bahan2nya di tambahin apa aja..lebih baik kan bikin sirup homemade..plus..bahannya juga gratis..memanfaatkan  buah yang ada di pekarangan..enak dan irit kan..hihi.

Jadi..jika punya tanaman belimbing wuluh di rumah..ayukk di manfaatkan teman2..jadi sirup yang segar dan enak..apalagi belimbing wuluh ini..banyak sekali lho..manfaatnya , selain buat campuran aneka masakan, juga berkhasiat sebagai obat batuk, sebagai obat pegal linu, gondongan, rematik, sariawan, jerawat, panu, darah tinggi, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang dan sakit gigi, dan masih banyak lagi.

Oke..langsung saja..ini dia resep sirup belimbing wuluh ala aku ya teman2..selamat mencoba...^^


Resep Sirup Belimbing Wuluh
Bahan :
( Sesuai uji cobaku aja dulu kemaren ya jumlahnya..silahkan di gandakan sendiri, jika mau bikin  banyak teman2..^^ )
800 gram belimbing wuluh, ambil sari air buahnya dengan juicer. Jika tidak ada bisa di parut , terus di peras airnya. Belimbing wuluh  ini kandungan airnya banyak kok..jadi nggak perlu di tambahkan air.
250 gram gula pasir

Cara Membuat :
Taruh sari air belimbing wuluh di panci, masukkan gula pasir.
Masak hingga mendidih.
Dinginkan. Kemas di botol atau di wadah tertutup.
Cara pemakaian :
Ambil beberapa sendok ( 5 sendok ) sirup belimbing wuluh, lalu tuangi air matang, sampai tingkat kekentalan  rasa  sesuai selera ( kayak bikin minuman sirup biasanya )
Sajikan hangat atau dingin dengan es batu.
Sisanya..kemas di botol dan simpan di kulkas untuk persediaan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts