Laporkan Penyalahgunaan

Singkong Goreng Melepuh



Hihi..singkong melepuh..apa itu ya?..Kalau bahasa Jawanya..singkong goreng *mlethek mlethek*..gitu sich..! Beberapa waktu yang lalu, olahan singkong goreng yang empuk dan merekah ini..lumayan terkenal ya..jadi jajanan ala gerobak pinggir jalan. Biasa di kenal pula dengan nama singkong keju. Nah..apa sich bedanya singkong goreng melepuh ini..dengan singkong goreng biasanya?
Ya itu tadi bedanya..singkongnya melepuh..alias..merekah..alias mlethek2..hihi. Oalah..itu tho..gitu kali ya pikir teman2..^_^..ya memang itulah..singkong goreng yang luarnya garing..tapi dalemnya lembut empuk banget. Terakhir makan singkong goreng seperti ini pas kemaren kita mampir ke Coffe Shop  Banaran..eh cemilannya singkong goreng empuk begini..eh..suami ku kok doyan..akhirnya kemaren masih punya sisa sedikit singkong..aku olah aja..jadi singkong goreng ini.

Dulu aku pernah baca ulasan tentang singkong goreng melepuh ini asalnya dari Bandung ya..biasa..Bandung kan selalu berinovasi dengan resep2 jajanan uniknya. Nah..di liputan salah satu penjual singkong goreng yang terkenal di Bandung gitu..katanya cara buatnya di goreng dua kali..pertama di goreng dulu sampai setengah matang, abis itu di rendam di air dingin berbumbu. Nah..kemaren aku coba seperti itu..eh tak tunggu berjam jam..kok ..nggak melepuh juga singkongnya..boro2..merekah..hihi. Akhirnya wis...akhirnya tak kukus aja  bentar singkongnya..terus aku rendam air dingin berbumbu lagi..nah..kalau yang ini..baru bener..nggak sampai 1 jam..singkongnya udah merekah..dan melepuh..hihi. Jadi..udah bener tehnikku kali ya..dari dulu aku kalau bikin singkong goreng yang empuk gini ya..selalu aku kukus dulu..biar empuk. Tapi..memang..tipsnya di rendam air dingin ini yang bikin singkongnya jadi bisa mekar dan merekah. Sipp..sipp..di catet dech.

Dan hasilnya..enak banget singkong gorengnya..garing di luar..dan lembut di dalam..bumbu2nya juga meresap..karena mudah menyerap..ketika singkongnya sudah di kukus dulu. Wah..yummy dech pokoknya..sayang lagi diet..hihi..kalau nggak bisa cemal cemil terus nich.
Singkong Goreng Melepuh

Bahan :
500 gram singkong

Bumbu2 :
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air dingin / es untuk merendam singkong

Cara buat :
Kupas singkong, bersihkan. Kukus sampai setengah matang, tapi jangan sampai lembek ya.
Segera rendam di air dingin yang sudah di campur bumbu2 dan garam, secukupnya sampai singkongnya terendam. Diamkan sampai singkong merekah.
Goreng di minyak panas api sedang hingga kuning kecoklatan dan bagian luar kering.
Sajikan hangat..dengan parutan keju..atau sambal terasi..juga enak lho..hihi.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts