Laporkan Penyalahgunaan

Serundeng


Serundeng..adalah lauk kering khas Jawa Tengah  dan di Yogya tempatku..ada juga. Ibuku sering buat juga.
Di Semarang juga ada..ibu mertua juga sering buat. Di Pasar juga ada yang jual serundeng..dengan ketan..enak banget. Tapi..sekarang udah nggak jualan lagi penjual ketan serundengnya..jadi..kalau lagi pengen..ya harus buat sendiri..kayak kemaren. Serundeng adalah lauk kering yang terbuat dari kelapa yang tanggung ya..nggak  muda..dan tua..bilang aja di pasar..beli kelapa yang buat serundeng gitu.pasti di kasih ya pas..sama tukang kelapanya. Serundeng ekonomis..adalah cuma kelapa aja yang di gongseng dengan bumbu2..tapi jika mau lebih enak..bisa di tambahakn daging sapi, daging ayam atau udang. Kalau aku favoritku tetep daging sapi..walaupun cuma sedikit..tapi membuat rasa serundengnya semakin gurih dan enak banget.

Serundeng ini biasanya buat acara2 hajatan gitu sebagai pelengkap nasi kenduri di daerah Jawa Tengah dan Yogya. Kalau buat sehari2..bisa buat stock lauk kering..atau di makan dengan nasi ketan kukus..hemm..enak banget. Citarasa serundneg Yogya..legit..gurih dan manis..kalau di Semarang aku rasain..nggak terlalu manis. Aku suka yang manis..ala Yogya. Jangan membayangkan ribet dulu ya bikin serundeng teman2..hihi,..mudah saja kok..cuma harus sabar menggongseng2 kelapa aja..sampai agak kering. Kalau mau lebih awet lagi..bisa di buat sangat kering..dan renyah..itu bisa bertahan lama.Tinggal di makan pakai nasi hangat aja udah enak kok.

Oke..jika suka serundeng teman2..aku kasih resepnya ya..selamat mencoba..^^
Serundeng

Bahan :
300 gram kelapa parut panjang
100 gram daging atau daging tetelan
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, geprek
Daun jeruk 3 lembar, buang tulangnya
Gula merah 75 -100 gram ( sesuai selera )
Kaldu bubuk sapi 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air kira2 500ml

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih 
2 cm kencur
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Campur kelapa parut, bumbu halus, air dan semua bumbu lain hingga kuah menyusut.
Cicipin rasanya..udah pas atau belum. Jika sudah pas..lanjutkan menggongseng / menyangrai kelapa hingga keset dan kering.
Simpan di wadah tertutup jika sudah dingin ya.Sajikan sebagai lauk nasi..atau teman makan ketan kukus.

Ketan Serundeng..oh iya..serundeng ini bisa jadi isian lemper versi irit lho teman2..asal rasa serundengnya enak..rasa lempernya juga istimewa kok..ibuku dulu sering bikin..buat hajatan gitu kan kalau bikin lemper di Yogya banyak banget..jadi..supaya lebih hemat..bukan daging semua..suka di isi serundeng begini..rasanya..enak juga lho.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts