Laporkan Penyalahgunaan

Poffertjes



Poffertjes..adalah kue warisan Belanda. Aslinya memang kue ini dari Belanda..seperti pancake sich sebenernya..terbuat dari tepung, susu, telur, gula, ragi instan dan sedikit mentega...tapi dalam ukuran mini..imut2..yang biasa di cetak di cetakan kecil2 sekali hap..^^. Lama nggak bikin poffertjes nich..dulu awal beli cetakan..belinya yang murah meriah dari alumunium tuch...alhasil..cepet gosong..hihi. Nah..kemaren pas beres2 dan bongkar2 gudang alat dapur..ku temukan lagi cetakan ini..akhirnya dengan pede ku beranikan diri bikin poffertjes lagi pakai alat ini. Setelah ku telateni..dengan api kecil..akhirnya berhasil juga..poffertjesnya.nggak pake acara gosong2 kayak dulu..hihi. Jadi..alat bukan masalah ternyata..cuma kita aja yang musti telaten mengakalinya. Memang sich..lebih enak jika punya gagdet dapur alat poffertjes yang dari bahan besi baja tebal tuch..yang warna hitam..yang biasa buat bikin takoyaki juga..cuma ku pikir2..rugi kan..kalau cuma bikin poffertjes dan takoyaki aja beli mahal2..kalau nggak sering2 di pakai...hihi..jadi..gunakan alat yang aja dulu..sesekali kalau lagi pengen poffertjes..beres kan..!

Poffertjes ini aslinya sich terbuat dari campuran tepung buckwheat juga..yaitu tepung yang gluten free. tapi jika tidak ada yang pakai tepung terigu biasa aja juga enak. Di Indonesia..poffertjes ini akhirnya di adaptasi jadi  kue lokal yaitu kue cubit dan jadi banyak versi juga ya. Kalau aslinya di Belanda..nggak di tangkupan..tapi kalau di Indonesia..poffertjes kebanyak di sajikan dalam bentuk dua buah poffertjes yang di tangkupkan jadi satu..jadi kayak bola2gitu..kalau cetakannya bagus..tapi..kalau punyaku karena cetakannya seadanya..ya nggak bisa jadi bulat2 bentuknya..hihi..ahh....yang penting..enakk..!..^_^

Kemaren mbikinin Yodha poffertjes ini buat cemilan sore pulang sekolah gitu..karena kalau sore biasanya ada teman anak tetangga yang main ke rumah..jadi kalau ada temannya kan jadi semagat ngemilnya..Yodha..cuma bikin pakai 100 gram tepung..hasilnya lumayan banyak juga..hihi..ya iyalah..kecil2 gitu kuenya.Tapi..lucu juga lho..seandainya kue ini jadi hidangan pesta gitu...kan kecil2 imut..irit..hihi..di sajikan hangat2 sekaligus jadi atraksi masaknya..pasti di sukai para tamu. Dulu aku pernah nganter Yodha ke pesta ultah temennya..di salah satu resto besar di Semarang ..gitu..salah satu menu cemilannya..poffertjes ini..jadi..di masak langsung gitu dan tamu2 bisa makan poffertjes hangat..terus di celup coklat ..wah..lucu juga idenya kan...sebagai snack kecil2 yang ringan dan tidak membosankan..serta selalu tersaji hangat. Membuatnya juga cepat dan mudah..jadi cocok nich buat cemilan sore2 keluarga teman2..bisa di sajikan dnegan taburan gula halus..selai ataupun coklat leleh..atau sama es krim..enak juga. Karena poffertjes ini aslinya nggak terlalu manis..jadi cocok di padu anekan toping yang manis2 sesuai selera...tapi jika suka adonannya sendiri mau lebih manis..ya di tambahin aja gulanya sesuai selera. Poffertjes..paling enak di nikmati dalam keadaan hangat..jadi jika tidak habis..dan di simpan..kalau mau makan lagi..bisa di hangatkan dulu sebentar di microwave.
Poffertjes

Bahan:
100 gram tepung terigu protein sedang, 1 butir telur
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh ragi instan
1/8 sendok teh vanili bubuk
1/4 sendok teh garam
150 ml susu cair
1 sendok makan munjung margarin, lelehkan
Bahan isi :meises atau keju sesuai selera
Gula halus untuk taburan

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, taruh di mangkuk, dan aduk rata
Kocok lepas telur , tuangi susu cair sambil di aduk sedikit demi sedikit sampai rata.
Tuangkan ke campuran tepung dan aduk dengan balon whisk sampai rata, tapi jangan terlalu kuat mengaduknya ya..supaya tidak bantat poffertjesnya. Diamkan selama 20 menit. Masukkan margarin. Aduk rata. Panaskan dulu cetakan offertjes di api kecil..hingga panasnya rata ke semua permukaan cetakan.
Oles cetakan poffortjes dengan sedikit margarin, lalu tuang adonan..jangan sampai penuh ya..soalnya adonannya nanti mengembang..jika terlalu penuh..nanti pas di tangkupkan bisa mbleber mbleber dan kurang bagus bentuknya..^^
Jika sudah hampir matang beri isi sesuai selera jika suka..misal keju atau meises..terus tangkupkan dua buah poffertjes jadi satu..lalu bolak balik dan panggang hingga semua sisi matang. Pakai tusuk sate ya biar lebih gampang membaliknya. Sajikan hangat dengan taburan gula halus. Yummy..poffertjes hangat yang empuk dan lembut..siap di santap hangat2.

Ini cetakan murah meriah punyaku..hihi..bisa juga kok di pakai bikin poffertjes...dengan api kecil..^_^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts