Laporkan Penyalahgunaan

Muffin Pisang..Mudah dan Praktis..


Muffin...adalah salah satu kue yang mungkin paling mudah di buat ya teman2..kadang di resep di tulis aja..tinggal di campur2..semua adonan..jadi. Namun..kadang2 tidak semudah itu juga menghasilkan muffin yang empuk dan menul2..gitu. Kadang2..kalau salah penanganan..yang ada muffinnya jadi bantat atau keras.

Dari berbagai resep muffin yang pernah ku coba..aku paling suka muffin pisang. Udah berbagai resep dan tehnik pembuatan muffin pisang aku coba. Dan..kali ini aku mau share resep yang paling mudah dan praktis saja, nggak pakai mixer, nggak masalah. Cuma..kalau mau halus pisangnya ya lebih baik pakai mixer sebentar aja kok..ngocoknya..cuma buat ngalusin pisang dan gulanya aja. 

Muffin pisang..paling enak ya..pakai pisang yang udah kedalon..atau pisang yang udah bener2 matang gitu...jadi rasanya wangi dan harum pisang banget. Kadang2 kalau kita beli pisang..kalau di biarkan terus dan nggak habis2..lama2 akan semakin matang dan kulitnya menghitam,..tapi bagian dalamnya masih putih bagus..nah..cara terbaik untuk menghabiskan stock pisang seperti ini..adalah dengan di buat jadi cake atau muffin pisang ini. Jadi.muffinnya nanti akan bener2 terasa dan kaya rasa dan  aroma pisangnya. Jika mau lebih kaya rasa..boleh juga di tambahkan sedikit kayu manis....atau gulanya di campur dengan gula palm. Selain itu bisa juga di beri campuran chocochip..keju..dll. Silahkan teman2..bisa bereksperimen sendiri dengan modifikasi resep dasar muffin pisang sederhana ini. Kalau aku sich..lebih suka..yang versi asli..plain..rasa pisang aja kayak gini..udah harum sekali kok..dan manis legit pisang.

Tips..membuat muffin yang empuk dan nggak bantat...adonan di sebentar saja sampai lembab..nggak perlu di aduk lama2..dan kuat2..karena malah akan keras muffinnya. Jangan lupakan juga sedikit garam ya..kalau membuat muffin.Walaupun cuma sedikit penggunaannya..garam ini berfungsi penting menambah enak citarasa muffin yang kita buat. Jadi..jika punya stock pisang nganggur di rumah..yukk..di karyakan teman2..bisa jadi cemilan sehat buat anak2..dan juga bisa buat bekal sekolah mereka..^^
Muffin Pisang Mudah

Bahan :
Tiga buah pisang ambon yang benar2 matang, haluskan. Jika susah menghaluskan pisang..tenang, kocok saja dengan mixer sebentar, atau gunakan hand blender.
Tepung terigu protein sedang 190 gram
Gula Pasir 100 gram ( jika suka manis..silahkan di tambah sesuai selera )
Telur 1 butir
Minyak goreng 75 gram
Baking powder 1 sendok teh.
Baking soda 1 sendok teh.
Garam 1/3 sendok teh
Vanili bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan baking soda, taruh di mangkuk besar.
Kocok rata sebentar, pisang, telur, gula , garam, vanili dan minyak goreng. ( Bisa pakai mixer atau whisker )
Ambil mangkuk yang berisi bahan kering ( tepung dll ), buat lubang di tengahnya, lalu tuang adonan basah , Aduk dengan spatula sampai tercampur  asal lembab saja, tidak perlu di aduk kuat2. 
Tuang di cup muffin yang sudah di alasi cup kertas.
Oven kira2 30 menit atau lebih, tergantung oven masing2..sampai matang 

Tips : cara test tusuk kematangan cake atau muffin, tusuk dengan lidi, jika lidi keluar dalam keadaan bersih..nggak tertempel adonan basah..berarti udah matang.
Adonan muffin ..seperti ini..kelihatan masih ada yang mengerindil2 begitu ya..nggak masalah..yang penting bahan kering dan basah asal nyampur aja..nanti pas di panggang akan rata halus sendiri tekturenya..^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts