Laporkan Penyalahgunaan

Mie Ayam Bakso



Yodha lagi suka sama Mie ayam..jadi..daripada sering minta di beliin di abang2  mie ayam yang lewat depan rumah..lebih sehat dan lebih enak..kalau bikin sendiri. Mudah kok membuatnya. kali ini aku coba buat mie ayamnya dengan topping tumisan ayam gurih manis..seperti semur...kayak di abang2 mie ayam seperti biasa..tapi aku pakai ayam pejantan untuk kuah dan daging ayamnya..wah..ternyata lebih enak aja mie ayamnya.

Sebelum Yodha pulang sekolah..semua udah siap..mie kuning yang udah di rebus setengah matang, sayuran pelengkap dan juga toping ayamnya. Jadi begitu Yodha pulang..tinggal panasin kaldu..rebus lagi mie nya sebentar, sayurannya..jadi dech..tinggal tata di mangkuk..dan..mie ayam hangat homemade..siap di sajikan untuk makan sore Yodha. Hihi..emang..Yodha makannya sekarang seringnya 4 kali..karena sekolahnya kan seharian..jadi supaya lebih kuat aja badannya. Udah makan 4 kali aja..nggak bisa gemuk2 dia..hihi. Tapi alhamdulillah..ya..yang penting sehat. Jadi pulang sekolah biasanya dia langsung aku suruh makan. Nah..mie ayam begini..cocok banget nich untuk menu selingan sore2 buat anak2 ya..setelah pulang sekolah..nanti malam masih bisa makan berat lagi dech.

Membuat mie ayam ini mudah saja..biar praktis..pakai aja mie kering yang banyak kita jumpai di pasaran. tapi lebih oke sich..jika pilih mie yang agak besar2..contoh..merk Atom bulan , jadi bisa mirip sama mie ayamnya abang2 gitu. Terus..bakso bisa beli jadi aja...praktis. Tumisan ayam untuk toping..bisa kita siapkan banyak sekaligus, taruh di tupperware..lalu simpan di kulkas..tahan kok sampai beberapa hari gitu..kalau mau sering makan mie ayam..jadi nggak perlu repot sering2 bikin toping ayamnya.Untuk air kaldu juga bisa kita siapkan sekalian banyak..lalu simpan di freezer, sewaktu2 butuh buat kuah mie ayam atau sup lain..tinggal di panaskan dech.

Udah..gitu aja kok bahan2 mie ayam..oh iya..kalau mau khas dan mirip banget sama mie ayam abang2..pakai juga minyak ayam ya..itu lho..yang dulu pernah aku posting di sini cara membuatnya. Di penjual mie ayam..minyak ayam ini biasanya di taruh di botol kaca gitu..di campur dengan tumisan bawang putih. Memang..rasanya jadi semakin gurih sich mie ayamnya..jika di beri sedikit campuran minyak ayam ini.

Oke..selamat mencoba ya..mie ayam homemade ala aku..rasanya..nggak kalah kok sama mie ayam abang2 gitu...kata Yodha,.lebih enak malah..hihi..*geer dikit dech..hihi*
Mie Ayam Bakso

Bahan :
200 gram mie kering
250 gram ayam rebus, potong kotak kecil 
Bakso siap pakai 10 buah
5 lembar sawi hijau 
2 batang daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya

Bahan Kuah :
800 ml kaldu ayam , dari 1/2 ekor ayam yang di rebus dengan api kecil 1 jam sampai keluar kaldu beningnya
2 siung bawang putih, geprek
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam sesuai selera, kaldu bubuk sedikit..jika suka

Bumbu halus tumisan ayam :
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri ( optional..bisa pakai..bisa..nggak )
1/4 sendok teh merica  butiran
Jahe 2 cm, geprek
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap 2 sendok makan
Garam secukupnya, air 200 ml
Cara membuat :
Tumisan ayam : Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan ayam , air dan bumbu2 lain.
masak hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.

Kuah : Panaskan 1 sendok makan minyak ayam ( jika pakai, jika tidak..ya pakai minyak biasa).
Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.Koreksi rasa.

Penyajian : Masak air hingga mendidih, masukkan mie, rebus sampai matang, lalu masukkan sawi hijau dan bakso, rebus sebentar saja. Lalu saring mie dan sawi. Tuang ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam, daun bawang, bawang merah, bakso, lalu tuangi kuah mie ayam. Sajikan dengan kecap dan saus jika suka. Selamat mencoba..^^..Eh..di foto..ternyata..aku lupa naburin bawang merah goreng dan daun bawang..baru ingat setelah udah di aduk2 sama Yodha mie ayamnya..hihi..jadi..jangan lupa juga ya teman..daun bawang renyah..kres2..itu yang tambah bikin mie ayamnya sedeppp...^_^...



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts