Laporkan Penyalahgunaan

Menggleng aka *Balung Kethek*..Hihi



Ada yang tahu nggak teman2..cemilan yang bernama Menggleng...atau Balung Kethek..hihi..? Yap..Menggleng yang terbuat dari singkong kukus..yang di potong2, terus di jemur, dan di goreng jika udah kering. Ada juga yang nyebut Balung Kethek..atau dalam bahasa Indonseia..artinya..tulang kera..hihi. Mungin karena cemilan ini kadang keras..jadi kayak tulang rasanya..^^. Tapi..sebenernya kalau singkongnya bagus..dan prosesnya benar..nggak  sekeras tulang kok rasanya..renyah aja gitu..

Ceritanya bikin menggleng ini..karena pas minggu kemaren liat pameran UMKM di Paragon..ada di salah satu stand dari daerah Jawa Tengah yang jual Menggleng juga...wah..aku jadi ingat makanan jaman kecil dulu..jama SD.kayaknya..dulu Menggleng ini suka di jual di sekolah dengan di beri bumbu pedas manis. Dan,..pas kemaren nyicip di pameran..rasanya kok..nggak kayak jaman aku kecil dulu..makanya..jadi  pengen bernostalgia masa kecil dech..bikin menggleng sendiri, mumpung cuaca masih panas2nya..jadi bisa kering sempurna mengglengnya.

Akhirnya setelah proses dua hari ( njemurnya )..jadi juga mengglengku..hihi. Setelah di goreng..aku kasih bumbu pedas manis..enakk dan renyah. Iseng anget ya teman2 bikin menggleng..ya hitung2 melestarikan kuliner jadul kan..sapa tau belum pada tau dech. Kalau di Yogya menggleng ini kayaknya..masih banyak sich yang jual ..eh..nggak tau juga ding sekarang. Jadi..mudah aja kok..kalau pengen makanan yang kita kangeni dari masa kecil..ya buat aja sendiri..seru..!

Oke...jadi aku catetin ja ya cara buat menggleng di sini..walau mesti pada males nich teman2 bikin..hihi..karena ribet ya..tapi..siapa tau aja..ada yang kangen jajanan masa kecil ini..kayak aku...^^..jadi bisa buat sendiri menggleng di rumah. Atau mau ngenalin ke anak2..jajanan masa kecil kita gitu..hihi...tapi aku..nggak pernah berhasil..Yodha..nggak mau nyoba..katanya dia..*alergi singkong*..hihi. Heran... bener kok..kalau di kasih jajanan dari singkong...mesti jawab gini..: No Thanks..Mommy.....!..*Halah..gaya tenan kamu Le..hihi.
Menggleng

Bahan :
500 gram singkong, kupas

Cara Membuat :
Kukus singkong sampai matang, potong2 tipis.
Susun di nampan, lalau jemur hingga kering..selama 2 hari.
Goreng di minyak panas hingga matang.
Bumbui dengan bumbu pedas manis, dari gula merah, garam, bawang putih dan cabe merah.
Sajikan atau simpan dalam toples.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts