Laporkan Penyalahgunaan

*Kerupuk Sermier*... Buatan Sendiri..Enakk..^^


Ada yang suka kerupuk sermier teman2?..Kalau di Jawa ya udah biasa banget ya..kerupuk ini banyak di jual..nggak tau kalau teman2 yang di luar Jawa..adakah juga?..Apa itu kerupuk sermier..?..Kerupuk yang terbuat dari singkong yang di parut,  di beri bumbu2, di cetak pakai tutup panci atau piring blek, kemudian di uapin air mendidih. lalu di jemur dan di goreng. Unik kan cara buatnya..yapp..di uapin air sebentar itu fungsinya biar adonan menyatu dan kerupuknya jadi bentuk lempengan2 gitu. Rasanya..enak sekali..gurih dan renyah..empuk.

Sekarang ini kan matahari lagi panas2 nya ya..kalau siang...nah..waktu yang tepat dech buat bikin makanan yang perlu di jemur..kayak aneka kerupuk ini..nanti aku mau coba bikin kerupuk udang sendiri juga aahh..hihi. Jangan heran ya teman2..memang lagi iseng kok..mungkin banyak yang berpikir beli aja murah..tapi kalau aku kok suka tantangannya aja gitu..sesuatu yang bisa di bikin sendiri..dan rasanya di sesuaikan selera kita sendiri..pasti lebih enak..! Dan bener dech..kemaren aku bikin kerupuk sermier ini..karena bumbu2nya pas..jadi enak dan gurih banget..suamiku yang biasanya jarang mau kerupuk2 gini aja..jadi mau...hihi. aku nich emang nuruni ibuku..hihi..walau ibu rumah tangga tapi nggak mau diem aja..santai2 di rumah atau main ke sana kemari..sukanya ya..sibuk aja di rumah. Ibuku dulu..pinter bikin kerupuk macam2..sampai nasi aja..kalau nggak habis..di bikin kerupuk dech..hihi. Jadi..kalau musim panas gini..banyak2 bikin kerupuk..nah nanti pas musim hujan..udah punya banayk stock kerupuk dech di rumah..enak kan..yang jelas..lebih bersih..dan enak rasanya..karena kita sendiri yang buat..tahu prosesnya..bumbu2 juga bisa sesuai selera kita sendiri.

Membuat kerupuk sermier ini mudah saja kok. Pilih singkong yang bagus..kayak biasa..singkong yang kulit bagian dalamnya pink dan mempur, agak rasanya nggak pahit. Mau coba juga teman2..ayukk silahkan..jika lagi punya banyak waktu luang...daripada bete di rumah..mending bikin kerupuk..hihi..
Resep Kerupuk Sermier Pedas

Bahan :
500 gram singkong, parut
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
2 batang daun bawang, ambil daunnya, iris halus
8 buah cabe merah, potong2 serong, ulek kasar
Garam dan kaldu bubuk secukupnya jika suka.

Cara Membuat :
Haluskan bawang putih dan ketumbar, campur dengan semua bahan lain. cicipin rasanya dulu..udah pas atau belum bumbunya.Kalau nggak mau mentah ya..pas di uapin dulu baru cicipin.
Didihkan air di panci kecil yang ada tutupnya. Taruh sedikit adonan di tutup panci, ratakan hingga berbentuk bulat lalu tutupkan kembali ke panci yang sudah mendidih. Diamkan sebentar, lalu angkat dan lepaskan dengan spatula atau pisau. Lakukan hingga adonan habis, dan tata di nampan. jemur hingga kering, sehari atau 2 hari tergantung panas ya..Setelah kering.lalu goreng sebentar di minyak panas hingga matang. Simpan di toples ketika sudah dingin ya. Jika mau cepat..gunakan dua tutup panci..jadi satu di uapin..satu lagi udah siap di tutup panci lain..atau piring dari blek juga bisa. Selamat mencoba.
  • Adonan mentah
  •  Ratakan di piring atau tutup panci sampai berbentuk bulat tipis2 begini.
  •  Kerupuk yang sudah di uapin..akan menyatu jadi bentuk lempengan tipis begini.
  • Kerupuk yang sudah di jemur..sehari / dua hari kayak gini..langsung bisa di goreng, atau di simpan di wadah tertutup untuk persediaan. Goreng sewaktu2 di butuhkan.
  • Kerupuk sermiernya sudah matang..enyakk..gurih dan renyah ..empuk..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts