Laporkan Penyalahgunaan

Iwak Wader Krispi



Udah pernah makan ikan wader..atau iwak wader teman?..Yapp..iwak cilik2..yang udah bisa di makan..hihi..lha aslinya emang cilik ikannya ini..ndak bisa gede. Ikan wader ini banyak jenisnya ternyata ya...barusan baca2 tadi di google. Soalnya aku tahunya iwak wader ya wader saja..nggak tau jenis2nya. Kalau iwak wader...dari jaman kecil..udah sering makan. 

Dahulu kala..hihi..*lebay abis ceritanya..*..waktu aku masih kecil..di rumahku di Yogya..di dekat rumah ada sungai yang airnya bening nan indah..dan..di sungai itu banyak sekali penghuninya..bukan maklus halus sich..hihi...tapi makluk kecil2 yang hidup di sungai..ada wader..udang sungai kecil2 dan juga ada *cetul*..( ini adiknya wader kali ya.lebih kecildan imut2 lagi ikan ini..hihi..). Ada juga sich ikan2 air tawar ukuran sedang..kayak...tawes..badar..lele..kuthuk. Jaman dulu itu..sumber protein itu nggak usah beli..cukup cari di sungai..hihi. Lha..sekarang kok beli wader aja mahal yach..di toko oleh2 bisa 60 ribu per kilo..kalau di pasar dekat rumahku ini..kadang ada juga..kadang tidak..tergantung musimnya.sekilo 40 ribu..lumayanlah..lebih murah dari di toko oleh2.

Ikan wader di pasar deket rumahku di jual dalam keadaan semi kering..karena ikannya fresh gitu dari nangkadi sungai terus di goreng tepung. Biar jadi krispi kayak di toko oleh2 gitu..harus di goreng lagi di rumah. Dan hasilnya seperrti di foto di atas..jadi renyah banget..kriuk2 gurih..khas ikan air tawar. tapi..aku kok lebih suka wader ala pasar ini..lebih asli rasanya..aku pernah beli di toko oleh2..itu..udah di kemas..dan di campurin ikan teri..huhu..jadi nggak enak dong..lidahku langsung saja tau ketika ada rasa ikan teri yang di campurin gitu. Beda banget rasanya soalnya..sama ikan wader yang gurih dan nggak asin kayak ikan teri.

Buat teman2 yang mau nyoba wader..di Yogya masih banyak juga kok..bahkan ada salah satu warung pecel di deket bandara..warung pecel wader gitu khasnya. warungnya kecil..di pojokan jalan pas belokan mau masuk ke bandara..tapi..sekarang masih ada atau tidak..kurang tau ya..hihi..lama nggak ke bandara Yogya soalnya. Selain itu di resto2 yang menjual masakan khas dari air tawar seperti Boyong Kalegan di Kaliurang..Numani di jalan Parangtritis.dll..ada juga tersedia menu ikan wader goreng gini.Wader goreng ini paling enak di makan sama pecel..urap sayur..atau pakai sambal yang pedas..wihh..mantab dech..^^ Enak dech teman2...tapi lebih enak ya..yang aku goreng sendiri ini..karena ku bumbuin lagi..jadinya..lebih gurih dan renyah..mau coba..yukk..ambil aja..jangan malu2 ya...hihi


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts