Laporkan Penyalahgunaan

Hore..Akhirnya Nemu Beras Merah Yang Enak Rasanya..^^


Tadi malam..beli beras merah ke toko langganan..karena stock beras merahku udah habis..eh..ada varian baru..yang di seleb dua kali..ajdi rasanya lebih enak..wah..asyik..jadi tetep bisa makan nasi enak dech dietnya..tapi tetep rendah kalorinya.

Beras merah yang di seleb dua kali ini memang warnanya nggak terlalu gelap lagi..lebih pucat dan cerah..dan beneran dech..tadi ketika ku masak..enakk..rasanya ya..kayak nasi putih biasa aja. Nggak keras dan sepo kayak beras merah yang biasanya aku makan. Hemm..jadi..tambah semangat nich..dietnya..kalau makan nasi tiap hari..hihi. Jadi..siapa bilang diet nggak bisa makan enak teman2..bisa lho..makan kayak biasa..3 kali sehari..cuma kurangi porsi..dan..nasinya di ganti nasi merah..terus..lauknya yang di kukus2 atau di masak rebus. Mungkin banyak yang berpikiran enak kah lauk2 begitu..wihh..jangan salah..banyak yang enak2  kok..hihi..kayak pepes..pindang..dll..itu enak semua je..dan seger..hihi. Asal..yang di pepes ikan2.dll.. yang nggak berlemak ya..hihi.

Kenapa beras merah ini bagus untuk diet..ya karena lebih rendah kalorinya..juga lebih awet kenyang. Dan kelebihan lain adalah banyak kandungan seratnya. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin  - juga terdapat di bagian lain tanaman. Antosianin mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.beras merah juga kaya selenium, yang dapat mengurangi risiko kanker ini. Mengonsumsi minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit  jantung. .( Sumber  Majalah Pesona dan Konsultan: Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB)

Nah..banyak banget kan manfaat beras merah teman2..jadi jangan ragu ya mengkonsumsinya. Jika hanya ada beras merah yang biasa..nggak masalah kok..bisa di campur beras putih biasa dulu buat yang baru mau coba..jadi rasanya bisa lebih pulen. Kalau aku sich..doyan2 aja..yang selepan sekali yang merah banget..asal lauknya enak..dan berbumbu kayak pepes2 gitu ya tetepenak kok..aplagi nemu yang selepan dua kali..lebih enak lagi..hihi. Yach..walaupun kandungan gizinya berkurang dikit ya..yang selepan dua kali..nggak pa2 dech..kan niatnya buat diet aja..hihi. Harga beras merah ini juga nggak mahal2 banget kok..sekilo 12 ribu aja..nggak jauh beda kan..sama beras biasa.

Beras merah yang di tumbuk atau sekali selep..kayak gini nich :


Kalau yang selepan dua kali..yang rasanya enak..kayak gini..:






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts