Laporkan Penyalahgunaan

Bola Bola Ubi Manis


Terinspirasi pas bikin cimplung kemaren.bentuknya kok mulus2..akhirnya..aku coba dengan tehnik dan resep yang sama...aku buat jadi bola bola ubi.Aku pikir2..kentang dan ubi kan sama tekturenya ya..kalau di kukus..jadi pasti bisa juga mulus2 gitu kalau di goreng. Akhirnya..aku coba aja..dan memang bisa. Cuma..masih lebih mulus cimplungnya sich memang..mungkin karena perbedaan kadar airnya ya..kentang kan bisa keset gitu..sementara ubi ku kemaren agak basah. Dan juga karena bola bola ubi ini manis..jadi memang kalau di goreng jadi agak kecoklatan..nggak secerah cimplung ku kemaren warnanya...karena cimplung kan gurih. Tapi..bisa juga jadi kok bola2 ubinya..dan enak..walau belum bisa kopong banget dalamnya kayak kalau beli. 

Kalau di Bandung bola bola ubi gitu dalamnya bisa  kopong berongga gitu ya..karena tehnik gorengnya yang khusus...yaitu dari adonan gepeng di penyet2 pakai sotil sampai mengembang dan jadi bola bola yang berongga..aku kok tak bulat2 biasa aja kemaren..terus di goreng..praktis..hihi. Pernah juga baca katanya ada juga bola bola ubi yang di Jakarta yang terkenal gitu..gorengnya juga tak kalah unik..jadi kalau udah agak ngembang, dari wajan yang berminyak banyak di pindah ke wajan yang minyaknya lebih sedikit gitu..supaya bisa mengembang sempurna dan berongga dalamnya. Halah..ini tambah ribet lagi ya..udah..di goreng kayak biasa aja dech kalau aku..hihi..enak juga kok..yukk cobain teman2..enak di makan anget2. 

Jadi..mirip ketimus dong bola bola ubi ini ?..Iya sich..cuma..kalau ketimus kan bentuknya lonjong..hihi..dan juga tepung tapiokanya lebih sedikit..jadi lebih terasa ubinya..dan tekturenya empuk, tapi tekture dan rasa ubinya yang menonjol. Kalau bola bola ubi ini..karena tepung tapiokanya agak banyak..jadi bagian luarnya bisa garing..tapi bagian dalamnya bisa kenyal2..lembut gitu dech.
Bola Bola Ubi 

Bahan :
500 gram ubi manis kuning, kukus , haluskan
6 sendok makan tepung tapioka
1 putih telur
3 sendok makan gula halus ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
Gula halus untuk taburan secukupnya

Cara membuat :
Campur ubi kukus halus dengan semua bahan kecuali gula halus. Bentuk bulat bulat kecil sesuai selera, lalu goreng di minyak yang sudah dipanaskan, sampai terendam ya. Setelah di goreng beberapa saat dan bola bolanya sudah berkulit, lalu di goreng sambil di aduk2 ya..supaya bentuknya mulus bulat dan bisa rata matangnya sampai kecoklatan.  Sajikan hangat..jika suka bisa di taburi gula halus.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts