Laporkan Penyalahgunaan

Bawal Goreng Sambal Dabu Dabu



Sudah makan siang teman2?..Semoga sudah ya.....^^ 
Siang ini aku masak yang pedes dan seger nich..sambal dabu dabu. Soalnya pengen memanfaatkan jeruk sambal yang berbuah lumayan di belakang rumah. Kalau sambel penyet Jawa kan udah sering bikin..jadi..pengen yang beda..akhirnya pilihan ke sambal dabu dabu ala Menado aja. Di makan dengan ikan bawal yang di goreng garing..dan nasi merah..alhamdulillah.kok ya enak banget ya..hihi. Sambel dabu dabu..udah pada tau kan..sambel mentah dari Menado..ya..kalau di luar..kayak2 saus salsa gitu ya..tapi..jelas..aku pilih sambel dabu2 nya..daripada  saus salsa..hihi.

Buat yang belum pernah coba..mungkin mikir ya..bawang merah mentahnya bakalan bau atau langu..^^..tapi enggak lho teman2..jika sudah di campur semua bahan2nya..di kucuri jeruk sambal..nggak ada langu2nya sama sekali..yang ada rasa manis bawang merah yang keluar..dan rasa segar..enak banget di padu sama cabe rawit iris yang juga mentah..serta tomat hijau,.wah..kemecer dech di jamin..^^.Tapi memang..untukku..komposisi gula dan garamnya musti pas..kalau bikin sambal dabu2 ini..jadi aku suka tambahin takaran gulanya..mungkin kalau yang asli Menado..mungkin tidak sebanyak yang aku tambahkan ya gulanya..tapi percayalah..enak kok..jadi pedes..asem..gurih dan manis..sambalnya..plus berpadu..dengan harumnya daun kemangi..hemm..sebuah sensasi rasa sambal yang indah di lidah..^^

Ini dia resep sambal dabu2 ala aku ya..aku pakai minyaknya juga sedikit aja..aslinya lumayan banyak ya..minyaknya..tapi tetep enak kok. Jika nggak suka pedas banget...bisa di ganti cabai merah biasa..tapi..lebih mantap kalau cabe rawit sich..pedasss..! ^_^


Sambal Dabu Dabu
Bahan :
5 buah bawang merah, iris kecil tipis
Cabai rawit sesuai selera ( aku kira2 6 atau 7 tadi ya ), iris kecil2
Jeruk sambal 1 buah
Kemangi 1 genggam petiki daunnya
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
Minyak goreng panas 2 sendok makan
Cara Membuat :
Campur semua bahan, sambil sedikit di penyet2 dengan sendok supaya tercampur rata semua aroma bahan2nya. Cicipi rasanya..sampai perpaduan gula  dan garam..pas sesuai selera. Lalu simpan di kulkas sebentar supaya meresap.Sambil menunggu..kita goreng ikan bawalnya ya..^^

Ikan Bawal Goreng Bumbu Kunyit

Bahan :
3 ekor ikan bawal ukuran sedang, kerat2 punggungnya
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit
1 sendok teh kaldu bubuk rasa sapi
Garam secukupnya 

Cara membuat :
Haluskan bawang putih, ketumbar dan kunyit. Beri sedikit air
Lumurkan ke ikan bawal dan diamkan hingga bumbu meresap.
Goreng di minyak terendam dengan api sedang hingga kering.
Tips : jangan membolak mbalik ikan goreng ya..sebelum bagian bawahnya agak kering..supaya tidak remuk.
Sajikan dengan sambal dabu dabu.
Selamat mencoba



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts