Laporkan Penyalahgunaan

Bakso Goreng Ayam Dan Bihun Isi Telur Puyuh


Yodha lagi suka banget sama bakso..bakso apa aja..suka..bakso ayam...bakso sapi..bakso ikan..dll. Kalau bakso2 rebus sich..aku jarang bikin sendiri..soalnya..food processor ku pecah..rusak..hihi...selain itu kalau pakai gilingan daging manual..bikinnya musti banyak sekalian jumlah dagingnya, kalau dikit ya cuma  nempel2 di gilingannya..hihi. Selain itu kalau bikin bakso daging yang enak..juga musti..pakai daging yang berkualitas..mahall..!..dan yang lebih bikin males..buat bikin bakso rebus sendiri..adalah..karena ada toko daging yang jual aneka bakso buatan mereka sendiri gitu..nggak jauh dari rumah..hihi..jadi kalau sewaktu2 habis stock bakso rebus..tinggal beli dech sesuai kebutuhan. 

Makanya aku lebih suka bikin bakso goreng..karena..kalau bakso goreng itu jarang yang jual ya. Biasanya..aku suka bikin bakso goreng yang kenyal dan garing..kayak bakso goreng biasa..tapi kemaren aku coba2..bikin bakso goreng versi lain..yang empuk gitu..kayak2 bakso goreng tahu. Empuk bakso gorengnya..karena aku tambahin bihun. Terus biar tambah sehat buat anak2..aku kasih wortel juga. Setelah di goreng baksonya..disajikan dengan kuah bakso bening..hemm..rasanya..enak..gurih baksonya..segar sekali kuahnya. Jadi dech menu baru  buat Yodha. 

Tips untuk membuat bakso goreng ini..karena langsung di goreng, nggak  pake di kukus atau di rebus dulu..jadi..harus terendam minyak ya menggorengnya..jadi bisa matang sampai di bagian dalam. Sesudah adonan jadi..jangan lupa..di cicipin dulu, dengan cara, ambil sedikit adonan, lalu goreng sedikit. Jika sudah pas sesuai selera gurihnya, bisa langsung di bentuk bulat2 dan di goreng. Untuk kuah baksonya..selain pakai kaldu sapi..bisa juga pakai kaldu ayam..jadinya kayak sop tapi rasanya..kalau pakai kaldu ayam..tapi..tetep enak dan seger kok.

Jadi..kalau kehabisan ide lauk anak2 yang gurih, yukk silahkan..cobain..resep bakso goreng ayam bihun..ala  aku teman2..anak2..pasti suka. Selain di makan dengan kuah bening..bisa juga buat cemilan..di cocol saus tomat atau samabl gitu..enak juga. Selamat mencoba ya...^^


Bakso Ayam Bihun Goreng Isi Telur Puyuh
Untuk 3 Porsi

Bahan :
150 gram fillet ayam bagian dada, cincang halus ( atau bisa pakai food processor )
100 gram bihun, seduh dengan air panas hingga lunak, potong2
10 buah telur puyuh
1 butir telur
1 buah wortel, serut halus dengan parutan keju
1 batang daun bawang, iris halus
3 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan tepung tapioka
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam sesuai selera, kaldu bubuk secukupnya jika suka.

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Campur daging ayam, bihun, wortel serut, daun bawang dan semua bumbu dan bahan lain, aduk rata.
Bentuk bola bola , isi dengan telur puyuh
Goreng hingga kecoklatan dan matang.
Sajikan dengan kuah bakso atau di cocol saus


Kuah Bakso Bening :
1000 ml kaldu sapi bening dari rebusan daging / tulang dengkul sapi yang di rebus dengan api kecil hingga keluar kaldu beningnya ( atau bisa pakai kaldu ayam )
3 siung bawang putih, di goreng, lalu haluskan
Garam, merica bubuk..dan sedikit gula pasir sesuai selera
Cara Membuat :
Rebus semua bahan dan bumbu sampai mendidih dan masak hingga meresap bumbu2nya
Sajikan dengan bakso goreng, daun selada, dan taburan bawang merah goreng, serta daun sledri cincang, kecap manis dan saus jika suka.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts