Laporkan Penyalahgunaan

Bahan Pengganti *Angciu* Dalam Masakan


Hemm..mengapa tiba2 pengen menulis tentang Angciu aku ya..karena..kemaren pas ke toko daging langganan..aku menemukan botol angciu..yang lama ku cari2. Bukan mau beli sich..cuma penasaran..penampakan botolnya seperti apa..hihi. Kalau rasanya ..udah tahu sich..dulu..sebelum tahu angciu itu tidak di perbolehkan dalam masakan buat umat muslim..ya karena sering beli mie atau nasi goreng di warung langganan..yang memang enak banget rasanya..dan rame sekali..yang beli sampai antri tiap sore. Suami dan Yodha suka sekali dengan masakan di warung itu...nasi goreng..mie goreng dan aneka masakan tumisan lain seperti cap cay ..saus tiram..dll..di situ enak semua dech. Jadilah aku penasaran buat niru2 masakanya..hihi. Udah sering aku meniru resepnya..tapi..selalu ada sedikit yang kurang...yaitu aromanya..sampai aku tahu..bahwa aroma khas yang mebuat mie goreng atau nasi goreng yang enak itu berasal dari angciu.

Nah..apa itu angciu..? Angciu  adalah sejnis arak masak..yang terbuat dari fermentasi air tape. Dulu sempat bingung juga..karena ini kan terbuat dari air tape..boleh tidak gitu buat masakan..ada yang bilang boleh..ada yang bilang nggak. tapi..daripada bingung kan lebih baik tidak usah di pakai saja ya..lha wong nggak pake angciu..juga tetep bisa enak  kok..rasa nasi goreng dan mie goreng atau masakan tumisan lain. Tapi ..karena rasa penasaran..ya itu tadi..aku berhasil liat penampakan angciu..di toko daging langgananku..dan iseng aku tanya ke penjualnya..ini halal atau tidak..katanya sich nggak halal..karena ada kandungan alkoholnya. 

Masih penasaran dengan angciu ini..akhirnya aku cari beberapa informasi di internet..ya..rata2 di bilang tidak halal ya. Jadi..walaupun penggunaannya cuma sedikit..tetep tidak boleh..hemm..jadilah...sekarang kami jarang beli ke warung mie langganan kami itu..huhu..padahal enak banget sich..cuma..kan nggak enak gitu..kalau mau beli..terus bilang..jangan pakai angciu..nanti bisa2 marah yang jual..hihi..jadi..lebih baik..masak mie goreng atau nasi goreng sendiri di rumah. Oh ya..buat teman2 yang belum tahu rasa angciu itu gimana..pokoknya aromanya khas..gurih gitu kalau di masakan tumisan..nasi goreng..mie goreng dll..jadi..di icip2 baik2 ya..hihi..kalau makan di luar. Soalnya katanya sich..warung2 nasi goreng pinggir jalan gitu banyak yang pakai juga sich..untuk meningkatkan citarasanya.Aku baca juga..cirinya kalau pas masak gitu..wajan yang di pakai ..jika di tuang angciu ini..bisa menyala2..gitu..kayak..bikin *flambe*..di crepe suzette itu lho..kalau kita liat di tivi2 teman2..jadi intinya..anggur..atau arak..yang terkena panas..akan memunculkan percikan api..lha..kalau di warung mie & nasi goreng langgananku dulu..emang keren banget...bukan flambe lagi..tapi apinya nyala besar2 gitu pas tukang masaknya..memasak nasi goreng..mie goreng dll...dulu sich..seneng aja liatnya..seru..kayak jadi atraksi...sambil nunggu antrian..hihi..

Nah..pas browsing juga..aku nemuin  bahan2 pengganti angciu yang halal. Yaitu..campuran kecap asin..jahe dan jeruk lemon. Iseng..karena penasaran..aku tadi mencobanya..untuk membuat nasi goreng buat Yodha sarapan. Kebetulan di rumah masih ada lemon satu. Takarannya aku kira2 aja sich tadi..1 sendok teh kecap asin, 1 sendok teh perasan lemon dan 1 cm jahe parut, aku campur, terus aku peres2 sambil kelauar campuran sarinya. Nah..terus..aku tuang dech ketika nasi goreng dan bumbu2 lain udah masuk dan hampir matang. Oha..takaran nasi gorengnya..cuma satu porsi aja sich tadi..buat Yodha. Dan..hasilnya..memang mirip sich..sama aroma angciu..dan nggak terasa asem lemon lho..hihi. Soalnya..aku tadi udah takut aja nasi gorengnya jadi asem. ternyata..nggak..dan hasilnya jadi tambah gurih dan beraoma khas..seperti pakai angciu. Kak Yodha..lahap banget tadi makannya..hihi..sampai kekenyangan sarapan..^^ tapi aku masih penasaran sich..takaran yang benar gimana..soalnya tadi baru kira2..jadi nanti mau tak coba lagi bikin mie goreng..hemm..jadi penasaran..bisa sama enak..kayak di warung mie langgananku tidak ya..semoga..!

Oke..semoga sedikit bermanfaat ya teman2..maaf bukan mau menimbulkan isu perdebatan..apakah angciu itu halal atau tidak..jadi kembali ke pemikiran teman2 masing2 aja ya...cuma sekedar berbagi info dan pengalaman ku tadi..waktu mencoba bahan pengganti angciu. Jadi..jika ada pengganti bahan2 yang rasanya sama..dan lebih tidak meragukan..ya aku lebih baik pilih bahan penggantinya aja dech..yang emang terbuat dari bahan2 dapur aja yang selalu tersedia di rumah..cuma..lemonnya aja yang rada super duper mahal sekarang...huhu..masak satu biji..9.900 rupiah..duh..duh..siapa yang punya bibit lemon..hihi..tak nanem sendiri dech..^_^...


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts