Laporkan Penyalahgunaan

Apa Beda Muffin , Cupcake dan Cup Cake ?..


Sering ada pertanyaan dari teman2 di di fb..tentang beda cupcake dan muffin. Secara tehnik sich..jelas itu berbeda ya..kalau cupcake..itu adalah cake yang di panggang satuan..dalam cup baik itu loyang khusus cup cake atau cupkertas  danalumunium foil. Sedangkan muffin..adalah sejenis roti yang di buat cepat tanpa ragi dengan adona basah..seperti adonan cake dan di panggang dalam ukuran satuan, karena donan rotinya bukan adonan yang liat dan kalis sepreti roti biasanya, tetapi merupakan adonan basah seperti adonan cake. Jadi..istilah muffin ini sebenernya mirip dengan istilah *quick bread* yang sering kita jumpai di resep2 dari luar negeri ya. Tapi..biar lebih otentik dan ilmiah..*cey..gaya banget hihi*.....akhirnya aku belajar dari beberapa web luar yang mengupas tentang cupcake dan muffin..dan akhirnya juga jadi tau ilmu baru...bahwa..*cupcake* dan *cup cake* ( tulisannya di pisah ) itu juga berbeda arti..jadi..aku ringkas di sini ya pengertian  ketiganya..semoga bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan teman2 semua ya.

Istilah "cupcake" pertama kali di perkenalkan pada tahun 1828. Pada awal abad ke-19, ada dua kegunaan yang berbeda untuk nama "cup cake" atau "cupcake". Dalam abad sebelumnya, sebelum cetakan muffin yang tersedia secara luas, kue sering dipanggang di cangkir tembikar individu, ramekins, atau cetakan dan dari cangkir minum, dan nama "cupcake" kini diberikan kepada kue kecil yang seukuran cangkir teh / kopi atau berukuran satuan. Nama "kue peri" atau fairy cake adalah deskripsi untuk ukurannya, yang kecil2. ( Sumber info : http://cupcakes-canada.com/about/history-of-cupcakes). Sehingga kita mengenal cupcake sekarang sebagai jenis  cake yang bentuknya di kemas di dalam cup satuan yang berukuran kecil..dengan berbagai hiasan yang menarik dengan butter cream, gula2 ,icing sugar.dll. Kalau dulu sich..kenalnya cuma di hias pakai butter cream ya teman2..sekarang..udah semakin keren dan bervariasi dech hiasan cupcake ini.

Namun..menurut sejarahnya.di abad ke 19, istilah cupcake berbeda dengan istilah lain yang mirip yaitu cup cake ( tulisannya di pisah ). Sebelum ada cetakan kue muffin dan cupcake aneka bentuk seperti sekarang ini..dulu..cetakan yang di pakai adalah cetakan tembikar..atau mangkuk tahan panas, gelas atau cangkir kecil  yang biasa untuk minum kopi atau teh, sehingga kuenya di sebut *cupcake*.  Sedangkan istilah *cup cake*..di gunakan untuk cake yang menggunakan cetakan atau loyang cake biasa, tapi dalam proses pembuatannya..ukuran bahan2 yang di pakai di ukur menggunakan ukuran cup, jadi bahan2 kuenya diukur berdasarkan volume, menggunakan cangkir berukuran standar, bukannya ditimbang, disebut demikian karena bahan2nya terdiri dari empat bahan: satu cangkir mentega, dua cangkir gula, tiga cangkir tepung, dan empat telur. Mungkin kalau di jaman nenek moyang kita jaman dulu..yang udah bisa bikin kue..kali2 itu yang di sebut bolu..dan di ukur pakai gelas belimbing gitu ya teman2..hihi. Ayo..pada tau nggak gelas belimbing kaca..yang dulu di pake ibu kita buat ngukur bahan2 bolu?..Aku sich masih punya..hihi.. Kalau untuk sekarang lebih keren nya di sebut *pound cake*..karena bahan2nya udah di timbang seperti biasa. Jadi kesimpulannya, "cup cake" menggunakan pengukuran volume, dan "pound cake" menggunakan pengukuran berat.

Saat ini cupcake sangat tren ya di  kalangan masyarakat kita..biasanya di gunakan untuk perayaan berbagai macam pesta, ataupun sebagai souvenir atau bingkisan untuk keluarga atau sahabat.
Tips ..kalau teman2 mau membuat cup cake sendiri untuk pesta, sebaiknya pilih jenis cake yang permukaannya bisa menggunung ( nge dome ),namun tidak pecah dan juga kokoh.Jenis cake yang paling bagus untuk muffin adalah jenis buttercake atau brownies masih bisa..tapi kalau muffin..nggak bisa ya..karena muffin bisanya merekah..dan tidak beraturan permukaannya. Sponge cake..juga kurang cocok untuk cupcake  berhias..karena permukaanya cenderung cekung.

Contoh muffin: permukaan tidak rata, rasanya..lebih berat dan mengenyangkan daripada cake atau cupcake.


Contoh Cupcake : Cakenya bisa dari jenis butter cake atau brownies..seperti contoh di foto berikut. Cup cake..bisa di sajikan polosan seperti ini untuk snack biasa..atau di hias dengan aneka hiasan, seperti yang lagi nge tren saat ini dan kita sering temui di toko2 cupcake hias.


Contoh cup cake : Cake yang di buat dengan ukuran cup / gelas..atau kalau di Indonesia lebih di kenal dengan kue bolu jadul ya..karena di ukur dengan takaran gelas.Tapi..cup cake ( cake dengan takaran bahan pakai gelas )...bisa juga di panggang satuan di cup..jadi *cupcake*..hihi..nggak bingung kan teman2..?



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts